Warga Dharmasraya Sambut Baik Program Berobat Gratis Panji-Yos

Warga Dharmasraya Sambut Baik Program Berobat Gratis PanjiYos Dok. Media Center Panji-Yos

Covesia.com - Sejak melaunching program berobat gratis untuk seluruh warga Dharmasraya beberapa waktu lalu, Cabup dan Cawabup Panji-Yos banjir pujian.

Pasalnya, kebijakan itu dinilai sebagai langkah berani yang dibuat paslon nomor urut satu itu. “Ini langkah berani. Tapi logis dan memang dibutuhkan warga saat ini,” ujar Rinto Ernandi, warga Ampang Kuranji.

Menurut Rinto, selama ini warga yang berobat gratis hanya mereka yang telah memiliki kartu KIS atau yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS. “BPJS kan tetap bayar iuran. Artinya, tidak gratis juga. Sekarang ini warga memang berharap berobat itu benar-benar gratis,” imbuhnya.

Dirinya ikut menyesalkan atas pernyataan tidak bertanggung jawab beberapa pihak di media sosial yang mengatakan 73 persen warga Dharmasraya telah mendapatkan layanan berobat gratis. “Lihat saja kenyataannya, mungkin yang benar adalah sebaliknya,” ungkapnya.

Dikatakannya, kebijakan untuk menggratiskan berobat bukanlah kebijakan yang bersifat nasional. “Itu adalah murni seberapa berani dan sungguh-sungguhnya kepala daerah berpihak pada rakyat,” papar politisi PKS itu. 

Hal senada disampaikan tokoh muda eks trans Sitiung, Sugeng Wahyudi. Menurutnya, berobat gratis menyangkut keberpihakan anggaran daerah. Jadi, tidak benar jika siapapun bupatinya, tahun 2022 berobat akan gratis. “Kalau memang iya, kenapa tidak sejak tahun 2017 kemarin. Lha selama ini pemkab kemana aja?,” tuturnya.

Dirinya berharap, jika terpilih Panji-Yos benar-benar mewujudkan janjinya itu. “Selama ini rakyat sering dibohongi dengan janji. Janji pilkada periode lalu belum ditunaikan, sekarang udah mau janji lagi. Rakyat sudah cerdas,” paparnya.

Ditempat terpisah, Cabup Panji Mursyidan menegaskan kebijakan berobat gratis telah menjadi program prioritasnya di bidang kesehatan untuk mendukung pembangunan SDM. “Kami sudah hitung postur dan kemampuan APBD kita. Insha Allah kita bisa dan kami akan wujudkan hal ini. Ke depan, warga Dharmasraya berobatnya gratis,” tegas mantan pegawai OJK itu.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga