Terkendala Sinyal, Siswa SMKN 1 Bukittinggi Kesulitan Belajar Daring

Terkendala Sinyal Siswa SMKN 1 Bukittinggi Kesulitan Belajar Daring Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Kepala sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) 1 Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M. Dinin, menyampaikan siswa kesulitan belajar daring karena terkendala sinyal.

"Selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan sistem daring dan luring, terkadang siswa kehilangan sinyal ketika sedang belajar," katanya, Selasa (27/10/2020).

Ia menuturkan ketika siswa sedang menerima tugas dari guru melalui aplikasi belajar dan tengah menyelesaikan tugas tetiba sinyal di HP android hilang, sehingga pengiriman tugaspun terhambat.

Meski pembagian kuata gratis oleh pemerintah kepada siswa sudah diberikan namun siswa masih mengeluhkan jaringan dalam proses penerimaan dan pengiriman tugas.

Hal tersebut diperparah dengan lokasi rumah siswa yang sulit terjangkau sinyal sehingga siswa kewalahan disaat belajar.

"Apalagi jika ada dua atau tiga pelajar dalam satu rumah yang belajar hanya menggunakan satu HP android untuk belajar daring sehingga tugas-tugas yang dikirimkan terlambat," ungkapnya.

Disamping itu, bagi siswa yang kurang mampu dan tidak memiliki HP android untuk belajar daring, siswa itu bisa menggunakan pembelajaran luring dengan menjemput tugas ke sekolah dalam seminggu sekali.

(hms.sumbar/deb)

Berita Terkait

Baca Juga