KPU Agam Gelar Simulasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 dengan Menerapkan Protokol Covid-19

KPU Agam Gelar Simulasi Pemilihan Serentak Tahun 2020 dengan Menerapkan Protokol Covid19 Simulasi pemilihan kepala daerah yang dilakukan KPU Kabupaten Agam, Sabtu (21/11/2020).

Covesia.com - Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumbar, menggelar simulasi pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 dengan menerapkan standar protokol Covid-19, di SMPN 2 Gadut, kecamatan Tilatang Kamang, Agam, Sabtu (21/11/2020).

Divisi Teknis KPU Agam, Zainal Abadi, menuturkan ada tiga point utama dalam simulasi yang dilakukan yakni pungut hitung, standar pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 dan penggunakan Sirekap.

"Tiga hal itu hal yang penting dilakukan baik itu dari penyelenggara, pemilih maupun saksi nanti," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan pemilihan ini pasti berbeda dari pemilihan tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaan dilakukan dalam masa pandemi Covid-19. Pasti banyak hal yang berubah terutama standar protokol kesehatan di TPS.

"Simulasi ini memastikan masker  tetap terpakai saat proses pemunggutan baik itu pemilih, petugas di TPS maupun saksi. Termasuk ketersediaan tempat pencuci tangan yang digunakan oleh pemilih sebelum dan sesudah memilih. Serta standar aturan menjaga jarak disaat pemilihan nanti," paparnya.

Ia menambahkan untuk simulasi ini, Kabupaten Agam menjadi salah satu dari lima kabupaten Kota di Sumbar yang mendapat kesempatan bisa melaksanakan Simulasi.

Dalam simulasi ini, kata Zainal juga akan dilakukan uji coba sirekap yang mana uji coba sirekap ini dibuka pada tanggal 31 Oktober dan 21 November 2020.

Pihaknya akan mensukseskan pilkada serentak tahun 2020 dengan memgimbau masyarakat untuk ikut berpartisipasi datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. 

"Karena pemilih tidak perlu takut datang ke TPS karena standar protokol Covid-19 telah dijalankan masing-masing penyelenggara disetiap TPS, termasuk ogistik pemilu dan logistik pelindung diri saat pemilihan," terangnya.

Sementara itu di Kabupaten Agam sendiri akan ada pemilihan di 1.380 TPS yang tersebar di 16 kecamatan dan 82 Nagari.

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga