130 Santri Positif Covid-19, Satgas Sarankan Pesantren Diniyyah Putri Lockdown

130 Santri Positif Covid19 Satgas Sarankan Pesantren Diniyyah Putri Lockdown uru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal

Covesia.com - Beberapa hari terakhir penambahan kasus Covid-19 di Padang Panjang, Sumatera Barat meningkat drastis. Setelah ditelusuri ternyata 130 orang santri Pesantren Diniyyah Putri Padang Panjang dinyatakan Positif Covid-19. 

Temuan tersebut membuat Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyarankan agar dilakukan lockdown di pesantren tersebut.

"Dalam waktu dua hari ini diketahui ada yang terpapar Covid-19 sangat banyak. Pertama pada Rabu (25/11/2020) sebanyak 49 orang, dan Kamis (26/11/2020) sebanyak 81 orang," jelasnya.

Penyebaran Covid-19 di Diniyyah Putri perlu tindakan cepat dan tegas untuk menghentikannya. Ia menyarankan kepada Pemerintah Padang Panjang, untuk memutus mata rantai covid-19, di Diniyah Putri Padang Panjang harus segera lockdown.

Baca juga: Pasien Covid-19 Padang Panjang Bertambah 90 Orang, 81 Diantaranya Pelajar Diniyyah Puteri

“Saya sudah katakan ke Sekda Padang Panjang, agar dilakukan tes swab ulang lagi dan lakukan isolasi di sana, semua yang negatif diulang lagi semuanya, dan dilakukan lockdown di sana,” katanya.

Tak hanya itu, jangan ada yang keluar masuk ke sana. Kemudian semua yang dilakukan tes swab, lalu hasilnya negatif silakan pulang. Sementara yang hasilnya positif covid-19 tetap bertahan di asrama. Kemudian dilakukan penanganan selanjutnya.

Saya yakin yang kemarin itu yang tes swabnya ada yang negatif, tetapi mereka semua kan main-main saja, akhirnya ada yang lain positif, terbukti hari ini bertambah," kata Jasman Rizal.

Laporan dari Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc melaporkan 5106 sample yang terperiksa (Lab. Fak. Kedokteran Unand 4997 sample dan Lab. Veteriner Baso Kab. Agam 109 sample). 

"Terkonfirmasi tambahan 309 (tiga ratus sembilan) orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19, kesembuhan pasien covid-19 setelah 2x konversi negatif bertambah 266 orang dan meninggal dunia bertambah 3 orang," tambahnya. 

Warga Sumbar terkonfirmasi positif sebanyak 309 orang dari Kota Padang 98 orang, Kota Padang Panjang 90 orang, Kota Bukittinggi 7 orang, Kota Pariaman 5 orang,Kota Payakumbuh 1 orang  Kota Sawahlunto 9 orang. 

Kabupaten Agam 7 orang, Kabupaten Dharmasraya 3 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 2 orang, Kabupaten Padang Pariaman 24 orang, Kabupaten Pasaman 1 orang, Kabupaten Pasaman Barat 9 orang Kabupaten Pesisir Selatan 6 orang, Kabupaten Sijunjung 10 orang, Kabupaten Solok Selatan 5 orang, Kabupaten Tanah Datar 32 orang. 

(lia)

Baca juga: Kasus Covid-19 di Padang Panjang Meningkat Tajam, Warga Abaikan Protokol Kesehatan Ditindak Tegas

Berita Terkait

Baca Juga