Bawaslu Kota Pariaman Rangkul Pemilih Pemula untuk Sukseskan Pilkada

Bawaslu Kota Pariaman Rangkul Pemilih Pemula untuk Sukseskan Pilkada Acara sosialisasi Bawaslu Kota Pariaman, kepada pemilih pemula. (Peri Musliadi/covesia)

Covesia.com - Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman menggelar sosialisasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gunernur Sumatera Barat (Sumbar), kepada pemilih pemula yang ada di kota tersebut.

"Itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, sebab ada dua potensi yang bisa dimanfaatkan dari pemilih pemula ini," sebut Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan, pada Rabu (2/12/2020).

Lanjut Riswan, pertama pemilih pemula ini bisa dimanfaatkan oleh para calon yang ingin mempengaruhi pemilih pemula ini dengan diiming-imingi politik uang. 

Kedua, pemilih pemula bisa digerakan untuk mensosialisasikan dan menolak polik uang yang ditujukan kepada mereka oleh oknum calon.

"Makanya dalam kegiatan ini sasaran kami adalah pemilih pemula, karena pemilih pemula ini sangat rentan dimanfaatkan," katanya.

Selain itu kata Riswan, pihaknya juga mendorong pemilih pemula untuk menyalurkan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya. Karena berdasarkan data pemilih di Kota Pariaman ada sekitar 25 parsen. 

"Kami juga mendorong para pemilih pemula agar mau datang ke TPS," ujarnya.

Riswan mengatakan, bersadarkan hasil penelusuran Bawaslu masih ditemukan banyak pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP. Untuk itu, pihaknya mendorong Disduk Capil Kota Pariaman untuk melakukan perekaman KTP.

"Kami dan KPU mendorong Capil untuk lakukan perekaman KTP bagi pemilih pemula yang belum terekam, sebab salah satu syarat untuk memilih itu nantinya adalah KTP," ucapnya.

Sementara itu, Koordiv PHAL, Ulil Amri menyampaikan, bahwa pemilih pemula ini sangat penting dirangkul dan diberikan edukasi dalam pemilihan Gunernur dan Wakil Gunernur Sumbar nantinya. 

"Mereka dijadikan mitra Bawaslu untuk bersama mengawasi pemilu agar terhidar dari politik uang sebagainya. Mereka juga akan bisa sosialisasikan kepada teman sebayanya,"jelasnya.

(pri)


Berita Terkait

Baca Juga