Kejari Bukittinggi Gelar Kegiatan Penerangan Hukum Bidang Intelijen Terkait Pilkada 2020

Kejari Bukittinggi Gelar Kegiatan Penerangan Hukum Bidang Intelijen Terkait Pilkada 2020 Sumber: Humas

Covesia.com - Kejaksaan Negeri Kota Bukittinggi menggelar kegiatan penerangan hukum bidang intelijen terutama terkait Pilkada tahun 2020 pada Rabu (02/12/2020) di Hall Balaikota Bukittinggi.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova dan diikuti Asisten, Kepala SKPD, Camat dan Lurah se Kota Bukittinggi.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova mengatakan menghadapi masa tenang Pilkada, dituntut peran aparatur daerah menghadapi hal itu. Ada kondisi ambiguitas yang dihadapi aparatur Pemko. Disatu sisi aparatur tidak boleh berpolitik praktis, tapi disisi lain aparatur punya hak pilih.

"Karena itu aparatur harus berpandai-pandai melangkah dan bersikap. Jangan sampai hak politik yang dimiliki aparatur malah  menjadi permasalahan hukum nantinya," katanya.

Selanjutnya, pandemi Covid-19, masih berlangsung dan masih belum sepenuhnya bisa dikendalikan, karena permasalahan Covid bisa jadi berujung pidana, karena ada pertanggung jawaban terhadap masalah yang muncul.

Karena itu Yuen mengharapkan Camat dan Lurah bisa segera mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan jika muncul masalah dilapangan. 

Terkait media sosial, Sekda berharap sebagai aparatur dan pejabat, jangan ikut melibatkan diri pada hal yang tidak penting. Jika memang ada yang perlu diluruskan, komunikasikan dengan SKPD yang tepat, seperti Bagian Humas dan Kominfo, agar tidak terjebak dengan kondisi dan malah menjadi masalah.

"Semoga semua aparatur Pemko Bukittinggi terhindar dari masalah, baik sebelum Pilkada, saat Pilkada maupun setelah Pilkada," ucapnya.

Penerangan Hukum Bidang Intelijen menampilkan dua pemateri. Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi Sukardi menyampaikan materi terkait Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Kejaksaan Republik Indonesia.

Sedangkan Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Bukittinggi Budi Sastera menyampaikan materi terkait Bahan Paparan Rapat Kerja Teknis Penindakan Pelanggaran pada Pemilu Gubernur dan Wagub Sumbar dan Wako dan Wawako Bukittinggi Tahun 2020. 

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga