Satu Kuncup Bunga Bangkai Kembali Ditemukan di Simaruok Agam

Satu Kuncup Bunga Bangkai Kembali Ditemukan di Simaruok Agam Satu Kuncup Bunga Bangkai Kembali Ditemukan di Simaruok Agam (Foto: Istimewa)

Covesia.com -  Satu bunga bangkai, kembali ditemukan di perkebunan warga di Dusun Simaruok, Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Bunga dengan jenis Amorphophallus Titanum, tersebut ditemukan salah seorang warga Dusun Simaruok, Olwi Merta di pinggang perbukitan Padang Bamban saat hendak menuju perkebunannya yang berada tidak jauh dari lokasi.

“Saat lewat  menuju kebun, sengaja melihat tanaman yang aneh dengan bentuk membulat dan panjang di pinggang bukit, setelah dilihat lebih dekat, tenyata bunga bangkai," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Rabu (16/12/2020).

Sadar kalau bunga tersebut merupakan tumbuhan langka dan dilindungi, ia bersama 2 orang kawannya berinisiatif untuk membersihkan di sekitar lokasi. Dan melaporkannya Ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) resor Agam.

Dijelaskan Olwi, sebelumnya tumbuhan jenis yang sama  juga pernah ditemukan tidak jauh dari lokasi beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra membenarkan sudah adanya laporan dari masyarakat tentang temuan bunga langka.

Dari gambar yang dikirim bunga bangkai tersebut telah berada di fase generatif, dengan usia lebih kurang 2 tahun. "Saat ini sedang dalam kondisi kuncup, diperkirakan 10 hari lagi akan mekar sempurna," katanya.

Terkait penemuan bunga pihaknya akan segera melakukan pemantauan sekaligus memasang plang peringatan untuk tidak mengganggu habitatnya.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan pemantauan terhadap bunga, kita menghimbau masyarakat untuk tidak mengganggu habitatnya," tutup Ade.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga