Tertimbun Longsor, Akses Lalu Lintas Lubuk Basung-Bukittinggi Putus Total

Tertimbun Longsor Akses Lalu Lintas Lubuk BasungBukittinggi Putus Total Tampak material longsor menghambat akses jalan di Ngungun, Jorong Luak Sao, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jumat (8/1/2021)

Covesia.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian wilayah Sumatera Barat (Sumbar) memicu terjadinya longsor di ruas jalan Provinsi Lubuk Manggopoh-Padang Lua, tepatnya di Ngungun, Jorong Luak Sao, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jumat (8/1/2021) sekitar pukul 15.45 Wib.

Informasi yang diterima Covesia.com dari Salah seorang pengendara yang melintas Zul (38) mengatakan, material tanah disertai pohon menutupi seluruh badan jalan sehingga akses lalulintas dari dua arah lumpuh total.

"Saya melintas dan ternyata ada longsor di depan jadi tidak bisa dilalui," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Secara kasat mata lanjut Zul, longsor menimbun badan jalan dengan ketinggia hampir dua meter. Saat ini kemacetan cukup panjang terjadi sehingga dibutuhkan evakuasi segera.

Sementara itu Kalaksa Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi AR mengaku sudah mendapatakan informasi tersebut. Saat ini pihaknya sudah mengirimkan petugas ke lokasi untuk mendata dan melakukan evakuasi.

"Kita mengimbau pengendara untuk waspada sebisa mungkin tidak melintas di kawasan rawan longsor saat curah hujan tinggi," katanya.

(jhn)


Berita Terkait

Baca Juga