Longsor dan Pohon Tumbang Tutupi Akses Jalan Lintas Padang-Painan

Longsor dan Pohon Tumbang Tutupi Akses Jalan Lintas PadangPainan Ilustrasi material longsor yang menutupi akses jalan (dok.Covesia)

Covesia.com - Longsor dan pohon tumbang tutupi akses jalan lintas Padang-Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (8/1/2021) malam. 

Menurut informasi yang dihimpun Covesia.com di halaman akun Fecebook Satlantas Polres Pessel, peristiwa longsor dan pohon tumbang yang menimpa badan jalan lintas Padang-Painan, terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. 

Dimana peristiwa tersebut, terjadi tepat di wilayah Kampung Talawi, Kecamatan Koto XI Tarusan. Akibatnya, akses lalu lintas Padang-Painan lumpuh total. 

Kemudian, Kepala BPBD Pessel, melalui Kasi Kedaruratan, Husnul Karim mengatakan, bahwa telah terjadi longsor disertai pohon tumbang menutupi akses jalan di Talawi Kecamatan Tarusan. 

"Longsor terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak sore tadi. Dan material longsor tutupi hampir sebagian badan jalan," sebutnya pada Covesia.com melalui telepon seluler, Jumat.

Lanjutnya, akibat material yang menutupi badan jalan, akses lalu lintas di tempat kejadian macet total dan tidak bisa dilewati. 

"Sekarang akses jalan masih tertutup sementara. Karena, tim BPBD dibantu pihak Kepolisian/TNI dan masyarakat sedang membersihkan material longsor," ujarnya. 

Kendati demikian, karena kondisi cuaca dan itensitas curah hujan masih tinggi, ia mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk waspadai titik rawan longsor dan bencana. 

"Kita mengimbau pengendara untuk berhati-hati ketika melintasi titik-titik rawan longsor, pohon tumbang dan juga kepada warga yang berada di titik rawan banjir, kita ingatkan untuk tetap wasapa. Karena, curah hujan masih tinggi," tutupnya.

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga