Beruang Madu Kembali Muncul di Pemukiman Masyarakat Bayur Agam

Beruang Madu Kembali Muncul di Pemukiman Masyarakat Bayur Agam Tampak beruang madu yang masuk ke pemukiman warga (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Satwa jenis Beruang Madu kembali muncul di pemukiman masyarakat, kali ini terlihat oleh warga di pemukiman Pincuran Gadang jorong Sawah Rangsalayan nagari Bayua kecamatan Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Agam, Ade Putra mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat yang melihat kemunculan satwa dilindungi jenis Helarctos Malayanus di Nagari Bayur.

Menanggapi informasi tersebut pihaknya langsung melakukan klarifikasi dan pengecekan lapangan terkait kebenaran informasi dari warga tersebut.

"Ada masyarakat yang melihat beruang ini muncul di areal pemukiman warga Pincuran Gadang jorong Sawah Rangsalayan nagari Bayua, menurut informasinya, satwa beruang terlihat pada Kamis (7/1) sekitar pukul 18.15-19.00 WIB, di bagian belakang rumah warga, selanjutnya juga terlihat pada Selasa (12/1) sekitar pukul 16.00 WIB, di sekitaran areal persawahan," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Kamis (14/1/2021).

Pada hari yang sama, BKSDA Resor Agam juga menerima laporan terkait keberadaan satwa beruang yang terlihat oleh warga di Pincuran Gadang jorong Sawah Rangsalayan.

Dari hasil identifikasi awal, diduga satwa tersebut merupakan individu yang sama yang pernah diinformasikan pernah muncul beberapa bulan lalu disekitaran kelok 35 dan kelok 42, Padang Galanggang, Jorong Sidang Tangah dan Kelok 28 nagari Matur Mudiak kecamatan Matur

"Upaya penanganan selanjutnya akan dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan analisa prilaku satwa, pola pergerakan dan tanda lapangan lainnya, mengingat upaya evakuasi melalui pemasangan perangkap beberapa waktu lalu belum membuahkan hasil." kata Ade.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga