Masyarakat Lubuk Mangindo Agam Resah, Seekor Beruk Ukuran Besar Lepas dan Mengejar Warga

Masyarakat Lubuk Mangindo Agam Resah Seekor Beruk Ukuran Besar Lepas dan Mengejar Warga Ilustrasi Beruk (Foto: dok.covesia)

Covesia.com - Masyarakat RK Lubuk Mangindo, Jorong Sangkir, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumbar resah dengan seekor beruk berukuran besar yang kerap muncul di kebun di daerah setempat.

RK Lubuk Mangindo, Marga Hendra mengatakan, beruk tersebut kerap terlihat beberapa hari terakhir di kebun kelapa dan sering masuk ke ladang jagung. Saat terlihat beruk kerap turun seperti mau mengejar sehingga membuat warga takut.

"Saat terlihat di kebun jagung, beruk ini membuka mulutnya lebar-lebar dan seperti mau mengejar, kejadian ini sudah dua hari berturut-turut," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Selasa (19/1/2021).

Bahkan salah seorang warga yang bekerja sebagai jasa pemetik kelapa nyaris dikejar oleh beruk. Saat akan memanjat tiba-tiba terlihat ada beruk jantan berukuran besar turun di pohon kelapa dan mengejar beruk betina miliknya. Beruntungnya ia cepat mengikat beruk tersebut dan lari keluar kebun.

Pihaknya tidak bisa memastikan apakah ini beruk liar atau beruk pemetik kelapa yang lepas karena tidak ditemukan tali atau gelang yang terpasang di leher binatang tersebut.

Atas adanya satwa tersebut saat ini warga setempat takut untuk keluar rumah. "Tadi kita sudah hubungi Bhabinkantibmas dan di teruskan ke BKSDA Agam untuk upaya evakuasi," ulasnya.

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan tersebut. Untuk menhindarinya adanya penyerangan satwa terhadap warga BKSDA akan melakukan pemantauan ke lokasi. "Kita akan pantau dulu jika membahayakan warga akan kita tangkap," kata Ade.

(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga