Mantan Dirut PT KSSP Terpilih sebagai Ketum FKKSP Group

Mantan Dirut PT KSSP Terpilih sebagai Ketum FKKSP Group Rinold Thamrin (Dok: PTSP)

Covesia.com - Mantan Direktur Utama PT Kabau Sirah Semen Padang (PTKSSP) yang menanungi Semen Padang FC (Tim SPFC), Rinold Thamrin, terpilih sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) periode 2021-2024.

Rinold Thamrin terpilih setelah memperoleh 38 suara, atau unggul 7 suara dari calon lainnya, yaitu Admartin yang memperoleh 31 suara. 

Pemilihan itu berlangsung melalui Kongres ke-VIII FKKSPG yang digelar secara virtual di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang, Rabu (20/1/2021).

Pada Kongres FKKSPG itu, juga dipilih Dewan Pengawas FKKSPG  masing-masing Admartin (Ketua Dewan Pengawas),  Andria Delfa (anggota),  dan Muhamad Ikrar (anggota).

Ketua Umum FKKSPG terpilih periode 2021-2024, Rinold Thamrin menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta kongres yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepada dirinya.

"Terimakasih atas kepercayaan dan dukungan dari anggota FKKSPG. Dan mohon juga kerjasamanya untuk mewujudkan visi dan misi FKKSPG ke depan," kata Ronold Thamrin usai pemilihan.

Rinold Thamrin lahir di Padang Panjang, 6 Mei 1974 merupakan seorang ahli ekonomi dan profesional Indonesia. Ia pernah menjabat Direktur Umum PT Kabau Sirah Semen Padang (PT KSSP) yang membawahi  Tim Semen Padang FC (SPFC)  pada (2016-2018) dan Direktur Utama PT KSSP pada (2018-2019).

Di bawah kepemimpinannya, Semen Padang FC berhasil bangkit dari keterpurukan. Dengan jargon "#KitoBangkik", Semen Padang FC berhasil memperoleh tiket promosi ke Liga 1 di musim 2019 setelah punggawa Kabau Sirah berhasil menduduki posisi runner up usai ditundukkan PSS Sleman dengan skor 2-0.

Ia juga aktif di olahrga Bridge dan  tercatat sebagai Ketum Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Propinsi Sumba  (1 Oktober 2019 - 30 September 2024).

Rinold sendiri merupakan alumni SMP Negeri 1 Payakumbuh, SMA Negeri 2 Padang, dan lulusan Sarjana Akuntansi dari Universitas Andalas, dan Magister Manajemen dari Universitas Gajah Mada. 

Rinold bergabung di Semen Padang sejak tahun 2003. Jabatannya saat ini adalah Ahli Madya Unit Kinerja & Anggaran.

Sebagai Ketum FKKSPG Rinold bertekad menjadikan FKKSPG sebagai forum komunikasi yang responsif, inovatif dan integratif antar karyawan/ti Semen Padang Group menuju SDM yang saling bersinergi, unggul dan sejahtera di lingkungan Semen Indonesia.

Sedangkan misi-nya, menumbuhkembangkan kegiatan-kegiatan yang inovatif, produktif dan prestatif. Mengoptimalkan sinergi dalam segala bidang antar karyawan/ti Semen Padang Group. 

Kemudian, menciptakan iklim lingkungan kerja yang dinamis, harmonis dan religius, serta berperan aktif sebagai forum yang responsif dan dinamis dalam pencapaian kinerja Semen Padang Group. 

Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury yang hadir via aplikasi zoom, mengucapkan selamat kepada Rinold Thamrin yang terpilih sebagai Ketua Umum FKKSPG periode 2021-2024.

"Selamat kepada Ketua Umum FKKSPG terpilih. Saya berharap, Ketua Umum FKKSPG yang baru dapat merangkul atau menggalang organisasi atau komunitas yang ada di FKKSPG," katanya saat memberikan sambutan dalam acara penutupan Kongres ke-VIII FKKSPG. 

FKKSPG, lanjutnya, bukan hanya sebagai wadah perkumpulan dan kebersamaan, tapi diharapkan juga dapat lebih memperkuat karyawan Semen Padang Group untuk saling memberikan masukan positif bagi perusahaan, apalagi di masa pandemi saat ini. 

"Di tengah pandemi saat ini, dibutuhkan komunikasi yang intensif dan positif yang tentunya dapat memberikan nilai lebih dan kekuatan dalam menyelesaikan permasalahan-ppermasalahan sosial klaster yang ada di lingkungan Semen Padang," ujarnya. 

Kepada Ketua Umum FKKSPG sebelumnya, kata Dharury menambahkan, dirinya mewakili manajemen PT Semen Padang, juga mengucapkan terimakasih atas kinerjanya. ‚ÄúTerutama dalam membangun komunikasi yang baik di tengah pandemic  saat ini," imbuhnya. 

Pada acara pembukaan Kongres, Ketua Umum FKKSPG periode 2017-2020 Ampri Satyawan dalam sambutannya, mengajak seluruh anggota FKKSPG untuk sama-sama mengingat kembali sifat organisasi FKKSPG serta fungsi dan tujuan keberadaannya, seperti yang diamanatkan Pasa 3 dan Pasal 8 Anggaran Dasar FKKSPG.

Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar, FKKSPG adalah organisasi yang bersifat demokrasi, bebas, profesional dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatannya melalaui kemitraan yang selaras, serasi dan seimbang.

Kemudian berdasarkan Pasal 8 Aggaran Dasar, terdapat 5 fungsi dan tujuan FKKSPG. 

"Saya berharap fungsi dan tujuan FKKSPG yang tertuang pada Pasal 8 Anggaran Dasar itu, dapat terus diimplementasikan oleh Ketua Umum FKKSPG yang terpilih nantinya," kata Ampri.

Ketua Penyelenggara Kongres ke-VIII FKKSPG Masykur Rauf mengatakan, Kongres ke-VIII FKKSPG ini dibuka oleh Dirut PT Pasoka Sumber Karya Hari Utama yang hadir mewakili Direksi PT Semen Padang. 

"Kongres ini digelar secara virtual. Untuk pelaksanaannya, dibagi dua pola. Pertama, seluruh peserta dan sebagian undangan hadir melalui aplikasi zoom. Kedua, panitia dan pimpinan sidang hadir di GSG Semen Padang dengan tetap menjaga protokol kesehatan," katanya. 

Untuk jumlah peserta, Masykur menuturkan ada sebanyak 105 orang. 

"Mereka terdiri dari perwakilan karyawan/ti PT Semen Padang sebanyak 32 orang, perwakilan karyawan/ti Anak Perusahaan Lembaga Penunjang (APLP) 49 orang dan pengurus FKKSPG periode 2017-2020 sebanyak 24 orang," pungkas Masykur.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga