Berburu, Tradisi Desa Rambai Atasi Hama Babi

Berburu Tradisi Desa Rambai Atasi Hama Babi Persiapan sebelum berburu babi di Desa Rambai Pariaman

Covesia.com - Untuk memberantas hama babi, Pemerintah Desa Rambai, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barar (Sumbar), bersama pemangku adat dan pemuda daerah tersebut mengadakan kegiatan buru babi.

"Kegiatan ini diadakan karena semakin mawabahnya hama babi di Desa Rambai ini," sebut Kepala Desa Rambai, Arif Fuady usai pelepasan peserta pemberantasan hama babi pada Kamis (21/1/2021).

Lanjut Arif, banyaknya hama babi ini sering dikeluhkan masyarakat kepadanya, bahwa kebun dan tanaman mereka dirusak oleh babi tersebut. 

"Mendengar keluhan kami mengadakan rapat bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman dan niniak mamak Desa Rambai, sehingga terlaksananya kegiatan sekarang ini," ucapnya. 

Dalam kegiatan pemberantasan hama babi yaitu dengan cara berburu menggunakan hewan anjing, yang menggandeng Persatuan Olahraga Buru Babi (PORBI) Kota Pariaman dan melibatkan dua kenagarian yakni Kenagarian Kuraitaji dan Kenagarian Lareh Nan Panjang, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

Arif menyebutkan, jadi kegiatan yang dilaksanakan pihaknya merupakan hasil dari kesepakatan seluruh masyarakat dan pemangku adat di Desa Rambai serta persetujuan dari pimpinan daerah. 

"Semoga saja setelah kegiatan ini, tidak ada lagi hama babi yang menyerang pertanian masyarakat sehingga masyarakat bisa berkonsentrasi lagi dalam mengurus pertaniannya," ungkapnya. 

Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, yang didampingi Inspektur Kota Pariaman Yota Balad, Kepala Dinas Kominfo Hendri, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan Kota Pariaman Dasril, Anggota DPRD Kota Pariaman Dapil II M. Taufik dan Camat Pariaman Selatan.

Dalam kesempatan itu, Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan, bahwa hal ini merupakan langkah baik untuk memberantas hama babi tersebut. 

"Sebab sampai saat ini hama babi sudah banyak menyerang pertanian masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Rambai ini. Semoga setelah ini hasil panen masyarakat bisa meningkat," jelasnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga