Polres Pasaman Gelar Operasi Aman Nusa II Penerapan Prokes Covid-19

Polres Pasaman Gelar Operasi Aman Nusa II Penerapan Prokes Covid19 Tim Operasi Aman Nusa II Tahap VII melaksanakan operasi di Pasar Lama Lubuk Sikaping, Kamis (21/1/2021).

Covesia.com - Kepolisian Resor Pasaman dan jajaran dalam beberapa hari terakhir ini, terus menggelar kegiatan Operasi Aman Nusa II Tahap VII dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kali ini, Tim Operasi Aman Nusa II Tahap VII melaksanakan operasi di Pasar Lama Lubuk Sikaping, Kamis (21/1/2021) dipimpin oleh, Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah diwakili oleh Kabag Ops Kompol Suwardi.

Kegiatan operasi itu, turut didampingi oleh Kasat Shabara AKP Yoni Handra, Kasubag Humas AKP Jasmardi, dan jajaran polres Pasaman lainnya. 
Dalam operasi di Pasar Lama Lubuk Sikaping itu, tim pencegahan covid-19 ditemukan masyarakat, pelajar dan sebagian pengendara sudah tertib memakai masker dan masih ada yang mengabaikan/tidak melaksanakan Protokol Kesehatan tentang pengunaan Masker. 

Selain itu, Polisi juga menertibkan dan memakaikan masker non-medis kepada warga masyarakat yang tidak memakai masker, sekaligus mengimbau masyarakat untuk mematuhi 3 M saat berada di ruang publik yakni dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sejumlah masyarakat, pelajar dan pengendara yang kedapatan tidak memakai masker itu, langsung didata dan diberi teguran serta sanksi sosial saat itu juga oleh Tim operasi.
Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah melalui Kabag Ops Kompol Suwardi mengatakan, kegiatan tersebut digelar bertujuan agar masyarakat lebih patuh menjalankan imbauan pemerintah dan protokol kesehatan, dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. Selain itu, kita juga mensosialisasikan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. 

"Kegiatan tadi sifatnya imbauan dimana masyarakat kita ingatkan agar selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan tadi Kita juga membagikan masker kepada masyarakat yang tidak kenakan masker, baik yang sedang beraktivitas di pasar maupun ke pengendara," kata Kabag Ops Kompol Suwardi.

Selain itu, kita juga ingatkan ke masyarakat supaya selama beraktivitas di pasar, harus menjaga jarak fisik (physical distancing). Kalau sudah selesai berbelanja, Kita imbau untuk langsung pulang kerumah dan tidak boleh lagi ngumpul-ngumpul di seputaran pasar," lanjutnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Pasaman, AKP Jasmardi menambahkan bahwa, dalam Operasi Aman II Nusa Tahap VII tadi, Tim bergasil menertibkan sekitar 22 orang warga dan pelajar yang kedapatan tidak memakai masker saat beraktifitas di Pasar Lubuksikaping.

"Bagi warga yang melanggar protkes, Tim operasi memberikan sanksi sosial, serta memberinya masker dan tidak mengulanginya lagi kedepan. Kemudian,  bagi kalangan pelajar yang juga kedapatan tidak pakai masker juga diberikan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu Indoneaia Raya,  serta membacakan Teks Pancasila," katanya. 

Dijelaskannya, operasi Aman Nusa II Tahap VII ini dilaksanakan selama 57 hari, mulai dari tanghal 03 Januari hingga 28 Februari 2021 mendatang. Operasi Aman Nusa II tahap VII dilaksanakan di seluruh daerah hukum Polres Pasaman.

Menurutnya, selama Operasi Aman Nusa II Tahap VII ini, Polri sudah melakukan segala upaya untuk memutus mata rantai Covid-19. Cara tersebut dilakukan mulai dari pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Termasuk mensosialisasikan kegiatan vaksinasi covid-19 yang akan digelar di daerah itu nantinya. 

"Polri rutin menggelar operasi penertiban dan pendisiplinan Protokol Kesehatan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tahap VII tahun 2021 di seluruh daerah hukum Polres Pasaman," bebernya.

Kata Jasmardi lagi, upaya penertiban ini dilakasanakan kepolisian dalam rangka memanimalisir dampak penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) terhadap warga masyarakat yang sedang beraktifitas diluar rumah. 

"Untuk itu, Polisi menghimbau kepada masyarakat, pelajar dan pengemudi kendaraan roda dua dan empat untuk tetap menjaga kesehatan dengan melaksanakan Protokol Kesehatan sebagaimana ditetapkan Pemerintah yaitu wajib menggunakan masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," pintanya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga