BKSDA Pastikan Harimau yang Masuk Perangkap di Palupuh Dalam Keadaan Sehat

BKSDA Pastikan Harimau yang Masuk Perangkap di Palupuh Dalam Keadaan Sehat Harimau yang masuk perangkap yang dipasang BKSDA di Palupuah Agam (Foto:BKSDA)

Covesia.com -  Tim medis Badan Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lakukan pemeriksaan kepada satu ekor Harimau yang masuk perangkap di Koto Tabang, Jorong Muaro, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, kabupaten Agam.

Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Sumatera Barat, Khairi Ramadhan mengatakan dalam pemeriksaan tim dokter,  kondisi anak Harimau tersebut terpantau stabil, meskipun demikian kita akan belum membawanya keluar lokasi karena akan kita jadikan umpan untuk menangkap yang lainnya.

“ Harimau yang di sekitar lokasi diperkirakan berjumlah 3 ekor terdiri satu induk dan 2 ekor anaknya, Harimau yang masuk perangkap merupakan anaknya, 2 hari ini kita akan gunakan sebagai umpan untuk menangkap induk dan saudaranya," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Minggu (15/4/2018).

Dijelaskan Khairi, pihaknya mengalami kesulitan untuk melihat jenis kelamin anak harimau yang tejerat dalam kerangkeng, karena sifatnya masih agresif.

 “Untuk jenis kelamin kita belum bisa memastikan, nanti akan dilakukan pemeriksaan ulang,“ lanjutnya.

Sebelumnya pihak BKSDA mengalami kesulitan menuju ke lokasi karena masyarakat takut sang induk Harimau akan mengamuk sehingga membahayakan tim dan masyarakat, namun setelah diberi pemahaman akhirnya warga setempat mengizinkan.

“Harimau yang terjerat akan kita tinggalkan di dalam perangkap untuk dua hari ini, nantinya akan kita pindahkan ke hutan lindung di Solok," tutupnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga