KPU Kota Pariaman Terima 16 Berkas Partai Politik, 1 Parpol TT Secara Manual

KPU Kota Pariaman Terima 16 Berkas Partai Politik 1 Parpol TT Secara Manual Penyerahan berkas calon anggota legislatif oleh partai ke KPU Kota Pariaman, Selasa (17/7/2018). (Foto: Rozi/Covesia)

Covesia.com - Sebanyak 16 Partai politik sudah daftarkan berkas pengajuan pencalonan anggota DPRD pada Pileg 2019 nanti ke KPU Kota Pariaman sampai pukul 24.00 WIB, Selasa (17/7/2018).

"Partai yang 16 itu diantaranya Partai Kebangkitan Bangsa, Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Golongan Karya, Nasdem, Gerakan Perubahan Indonesia, Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera, Persatuan Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Amanat Nasional, Hati Nurani Rakyat, Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia," kata Ketua KPU Kota Pariaman, Budi Satria, Rabu (18/7/2018) di Pariaman usai penutupan pendaftaran pengajuan pencalonan partai politik.

Ia mengatakan, 16 partai politik yang sudah mendaftarkan pengajuan pencalonan anggota DPRD pada pileg 2019 itu sudah diterima. Namun ada satu diantaranya tidak melalui silon, yakni secara manual.

"Pendaftaran terakhir yakni pada pukul 24.00 WIB, yaitu ditutup oleh partai politik PKPI," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, ada beberapa partai yang tidak memenuhi kuota pengajuan pencalonan 100 persen, karena diduga sulitnya mencari kader yang memiliki potensial yang tinggi sehingga pengajuan pencalonan ke KPU tidak penuh.

"Diantaranya yakni partai Berkarya dan PDIP yang tidak penuh 100 persen mengajukan pencalonan kadernya maju di DPRD," ujarnya.

Kemudian, kata dia, hari ini tanggal 18 Juli 2018 dilakukan verifikasi terhadap berkas dan tanggal 19 - 21 hasil verifikasi sudah bisa disampaikan ke parpol, sehingga pada 22- 31 Juli 2018 partai politik sudah memperbaiki berkas pencalonannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kota Pariaman, Elmahmudi menyampaikan, selama proses pendaftaran berkas pengajuan pencalonan ada sebanyak empat tim yang diturunkan untuk melakukan pengawasan di KPU.

"Alhamdulillah selama pengawasan  proses pendaftaran berkas pencalonan partai politik tidak ada menemukan dugaan pelanggaran, baik pelanggaran bersifat administratif maupun bersifat pidana," tutupnya.

Kontributor Pariaman: Rozi

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga