Api Obor Asian Games Diarak di Bukittinggi, Selama 3 Jam Jalan Ditutup

Api Obor Asian Games Diarak di Bukittinggi Selama 3 Jam Jalan Ditutup Jajaran Ditlantas Polda Sumbar saat survei lokasi di Bukittinggi, Selasa (31/7/2018)(Foto: Debi K)

Covesia.com - Satuan lalu lintas Polres, Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) akan menutup jalan yang dilalui api obor selama pengarakan kirab api bor Asian Games ke 18 di kota Bukittinggi.

Kasat lantas Polres Bukittinggi, AKP Sukur Hendri Saputra, Selasa (31/7/2018) mengatakan ada 20 titik lokasi yang akan dilalui kirab api obor Asian Games nanti di Bukittinggi, jadi untuk sementara jalan-jalan yang akan dilewati akan ditutup dan dialihkan dan diperkirakan penutupan jalan dilakukan selama tiga jam. 

"Jelang api obor Asian Games masuk kota Bukittinggi, tepatnya jika sudah berada di kota Padang Panjang, jalan di Padang Luar hingga Jambu Air sudah mulai ditutup sementara hingga masuk kota," katanya.

Selanjutnya untuk dalam kota Bukittinggi sendiri, jelas Sukur, juga akan ada penutupan jalan lainnya terutama jalan Sudirman dimana dilokasi ini api obor pertama kali akan tiba serta adanya kegiatan ceremonial penyambutan api obor sebelum diarak keliling kota.

"Api Obor akan mulai diarak dari Lapangan Kantin jalan Sudirman hingga menuju Tugu Polwan sampai akhirnya diarak hingga keliling kota. Semua jalur yang dilewati dipastikan aman dan akses masuk kota sementara akan ditutup," katanya. 

Adapun jalur yang akan dilewati api obor Asian Games ketika diarak di Bukittinggi diantaranya Lapangan Kantin menuju Tugu Polwan, diarak melalui Simpang DPRD hingga Panorama dan masuk Lobang Jepang hingga keluar di Simpang Ngarai atau Simpang Banto Laweh, berlanjut ke Tugu Imam Bonjol hingga Simpang Jirek menuju Kantor Pengadilan Negeri Bukittinggi hingga Bukit Ambacang perbatasan Bukittinggi dengan Agam.

Berlanjut ke simpang By Pass menuju Tugu Tritura melewati GOR Bermawi dan Simpang Surau Gadang, dari Simpang Manggis diarak lagi menuju Polsek Kota Bukittinggi hingga Rumah Kelahiran Bung Hatta hingga akhirnya finish di Tugu Pahlawan Tak dikenal dan selanjutnya Api akan dibawa ke Istana Bung Hatta untuk diinapkan semalam. 

"Dari jalur-jalur yang telah disebutkan tersebut untuk sementara akan ditutup diperkirakan penutupan jalan akan berlangsung selama 3 atau 4 jam melihat kondisional keadaan saat dilapangan," ungkapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk sementara tidak melintas dilokasi yang dilewati api obor agar perjalanannya tidak terganggu dan pihaknya pun meminta maaf atas kenyamanan jalan yang terganggu karena adanya kegiatan tersebut.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga