KPU 50 Kota Depak 29 Bacaleg, Salah Satunya Incumbent

KPU 50 Kota Depak 29 Bacaleg Salah Satunya Incumbent Komisioner KPU divisi Hukum dan Teknis, Amfreizer (Foto: Doc.Pribadi)

Covesia.com - Sebanyak 29 nama bacaleg di Kabupaten Limapuluh Kota resmi dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini dilakukan setelah melalui verifikasi tahap II dan 29 bacaleg ini tidak juga memenuhi seluruh syarat administrasi yang ditentukan oleh KPU.

KPU menyatakan 29 bacaleg ini Tidak Memenuhi Syarat (TMS), masing-masing dari partai PSI sebanyak 18 orang, Partai Garuda sebanyak 3 orang, Partai Berkarya sebanyak 3 orang, Partai Perindo sebanyak 2 orang dan PPP sebanyak 3 orang.

Dari 29 bacaleg ini, ada salah seorang incumbent dari partai PPP--yang masih menjabat di DPRD Kabupaten Limapuluh Kota--dicoret KPU. Alhasil sampai saat ini, tersisa 453 bacaleg yang akan disusun sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU dan diserahkan ke partai untuk meminta persetujuan hasil verifikasi DCS.

Komisioner KPU Divisi Hukum dan Teknis, Amfreizer menyebutkan sebanyak 29 nama bacaleg yang dicoret KPU sudah sesuai ketentuan PKPU no 20 karena setelah diberi waktu untuk melengkapi berkas, tetap saja bacaleg ini tidak memenuhi syarat.

"Ada 29 nama yang kami coret. Itu semua ada salah satu syarat yang tidak dilengkapi. Terpaksa kami coret. Salah satunya incumbent dari partai PPP. Kemudian ada juga satu perempuan dari PPP juga," kata Amfreizer kepada covesia.com, Kamis malam (9/8/2018).

Karena adanya caleg perempuan dari Partai PPP yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maka berakibat terancam dicoretnya satu Dapil yakni Dapil II.

“Jika sampai hari Jumat (10/8/2018) tidak ada surat edaran atau perintah dari KPU RI, maka kami harus menggugurkan 1 Dapil," katanya.

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha

Berita Terkait

Baca Juga