Tim Saber Pungli: ini Instansi yang Paling Banyak Pungli di Sumbar

Tim Saber Pungli ini Instansi yang Paling Banyak Pungli di Sumbar Sekretaris I Saber Pungli UPP Sumbar AKBP Noortjahyo (Foto: Fadil/ Covesia)

Covesia.com - Kasus pungutan liar (Pungli) di Sumatera Barat paling dominan terjadi pada Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan, saat ini tercatat 26 kasus Pungli yang sudah ditangani Satgas Saber Pungli di Sumbar.

Sekretaris I Saber Pungli UPP Sumbar AKBP Noortjahyo mengungkapkan bahwa, sejak bulan Januari hingga Juli tahun 2018 tercatat 26 kasus yang sudah ditangangi Tim Saber Pungli yang didominasi oleh beberapa instansi terkait.

"Yang banyak kasus Pungli ada dibeberapa dinas instansi, seperti Dishub, Dinas Pendidikan, dan beberapa instansi lainnya," AKBP Noortjahyo usai melakukan rapat dengan Ombudsman Perwakilan Sumbar di Padang, Selasa (14/8/2018).

Kata Noortjahyo, untuk kasus Pungli barang bukti harus ada bagi terduga yang  melakukan Pungli, makanya dalam Lidik Saber Pungli hanya memantau orang-orang yang dicurigai melakukan Pungli dan ketika diketahui melakukan Pungli baru ditangkap.

"Untuk menangkap pelaku Pungli harus ada pancingannya, sudah dipancing tapi belum juga kami dapat, selain itu untuk Pungli di Lapas, kami sedang  mendalaminya," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kinerja Saber Pungli di Sumbar ia akan melakukan koordinasi dengam Ombudsman yang juga merupakan bagian dalam Tim Saber Pungli.

"Ada beberapa SOP yang harus diperbaiki karena ada yang belum  terintegrasi, tadi ada beberapa masukan dari Ombudsman. Sebagian sudah kami lakukan, sebagian akan kami tindak lanjuti lagi," ujarnya.

(dil/utr)

Berita Terkait

Baca Juga