Perbaikan DPT, KPU Sumbar Coret Sebanyak 13.159 Data Pemilih

Perbaikan DPT KPU Sumbar Coret Sebanyak 13159 Data Pemilih Ketua KPU Sumbar, Amnasmen (Foto:Covesia/ Fadil)

Covesia.com - Pasca adanya indikasi  identitas daftar pemilih tetap ( DPT) ganda di Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar lakukan rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) Pemilu tahun 2019.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengungkapkan bahwa dari hasil rekapitulasi didapati pengurangan jumlah pemilih sebanyak 13.159 pemilh dari jumlah pemilih semula sebanyak 3.477.311 jiwa.

"Saat ini DPT di Sumbar sebanyak 3.464.152 pemilih, setelah ada masukan dari Parpol dan Bawaslu terjadi pengurangan pemilih, kita telah lakukan perbaikan data dan hasilnya ditemukan sebanyak 13.159 data pemilih ganda dan ini sudah dibersihkan," ujar Amnasmen kepada sejumlah awak media di Padang, Jumat (14/9/2018).

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa pihaknya akan terus mencermati jumlah penambahan DPT yang berpotensi terjadi dari daftar pemilih khusus (DPK).

"Kemungkinan jumlah DPT juga bertambah terutama dari daftar pemilih khusus, kita akan salurkan kebutuhan mereka untuk memilih," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner yang juga hadir saat rapat pleno mengungkapkan bahwa, dari pantauan Bawaslu terdapat sebanyak 17.191 pemilih ganda dan telah serahkan kepada KPU Sumbar.

"Ada beberapa temuan di kabupaten kota yang datanya tidak memenuhi syarat seperti sudah meninggal, masuk TNI dan Polri," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa dari pantauan Bawaslu di daerah Kabupaten Agam ada sebanyak 413 data ganda yang tidak bisa ditindaklanjuti lantaran waktu yang  perbaikan sangat singkat.

"Kita berharap untuk data pemilih ganda KPU memiliki kiat khusus untuk membersihkannya," ujarnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga