Warga Labu Pacah Agam: ''Pak Wartawan, Tanyakan Kapan Jalan Kami Diperbaiki?''

Warga Labu Pacah Agam Pak Wartawan Tanyakan Kapan Jalan Kami Diperbaiki Warga Agam tanami badan jalan yang di genangi air dengan pohon pisang (Foto: Johan Utoyo/Covesia)

Covesia.com - Sepintas terlihat seperti kolam namun siapa sangka, itu lah kondisi jalan penghubung antara dusun Labu Pacah, jorong IV, dengan dusun Kampung Parit, jorong III nagari Garagahan, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saat sekarang ini.

Jika curah hujan tinggi masyarakat yang melintas tidak bisa membedakan mana jalan yang bisa di lalui dan mana yang tidak,  air menggenangi seluruh badan jalan yang saat ini sudah berstatus jalan kabupaten itu.

Antisipasi timbulnya kecelakaan, Zubirman (55) salah seorang   masyarakat setempat memberikan tanda peringatan berupa pokok pisang di tempat yang tidak bisa dilewati.

"Saya tinggal di tepi jalan yang rusak, jadi melihat langsung bagaimana pengendara sepeda motor kesulitan saat melintas, " ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, (22/9/2018).

Dikatakannya, pemberian batang pisang kedalam lobang badan jalan yang digenangi air itu semata-mata untuk menandai jalan yang tidak bisa dilewati serta   sebagai petunjuk agar masyarakat yang melintas tidak terperosok atau jatuh. 

"Jika hujan jalan dipenuhi air membuat warga tidak bisa membedakan lobang dalam atau dangkal, mengakibatkan  banyak yang terperosok, dan rawan kecelakaan, " ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com (22/9/2018).

Jika curah hujan tinggi genangan air di lintasan tanah tersebut bisa mencapai lutut orang dewasa, itu pun terjadi di beberapa titik. Belum lagi yang  genangan kecil lainnya, jika hujan jalannya jadi licin dan rawan jatuh atau tergelincir, " ulasnya.

Dijelaskannya Zubirman  sudah tidak terhitung lagi pengendara sepeda motor tergelincir saat melintas, beruntungnya tidak ada yang cidera parah. "Saya tinggal di pinggir jalan yang rusak, jika hujan saya bisa melihat jelas dari rumah, sering ada warga yang tergelincir dan saya bantu, "jelasnya.

Menurut zubirman, infomasi yang beredar ditengah masyarakat,  perbaikan jalan akan di laksanakan tahun ini, namun sudah hampir habis bulan September belum ada tanda-tanda akan dilakukan pengerjaan. 

"Saya tidak tau informasi pastinya, pak wartawan, tolong tanyakan sama pemerintah, apa iya jalan akan diperbaiki tahun ini kalau tidak tolong mintakan ya pak, kalo bisa secepatnya, " tuturnya  berharap.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga