Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah di Rawang Gunuang Malelo Pessel Terendam Banjir

Diguyur Hujan Deras Puluhan Rumah di Rawang Gunuang Malelo Pessel Terendam Banjir Foto: Covesia/ Indrayen Putra

Covesia.com - Puluhan rumah warga di Kampung Tabek Lanpanjang, Kenagarian Rawang Gunuang Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir. Pada Kamis (11/10/2018).

Pantauan Covesia.com dilapangan, hujan deras yang melanda daerah tersebut semenjak siang pukul 13.00 wib hingga sorenya. Sehingga mengakibatkan banjir sekitar puluhan rumah terendam banjir, kedalaman air setinggi lutut orang dewasa.

"Saat ini air telah masuk kedalam rumah warga ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Air mulai merendam rumah warga sekitar pukul 16.00 Wib," terang Iwel (24) salah seorang warga setempat pada Covesia.com.

Ia menambahkan, banjir yang menggenangi kawasan tersebut juga diakibatkan luapan irigasi yang tidak bisa menampung air. Karna irigasi didaerahnya tidak terlalu besar.

"Genangan air juga disebabkan oleh irigasi yang cukup kecil. Karna luapan air tidak tertampung lagi, untuk saat ini kendaraan juga tidak bisa melintas karna genangan air cukup tinggi dan deras," katanya.

Wali Nagari Rawang Gunuang Malelo Aprisal membenarkan, apabila diguyur hujan deras dua kampung di kenagariannya tersebut kerap terjadi banjir yaitu Kampung Tabek Tinggi dan Lanpanjang.

Karna dua kawasan kampung tersebut termasuk kawasan rendah dan juga ditambah dengan saluran irigasi yang tidak terlalu besar

"Ya, dua kampung tersebut memang sering terjadi banjir ketika diguyur hujan. Sebab, kawasan pemungkiman penduduk didua kampung tersebut terbilang rendah ditambah lagi saluran irigasi tidak terlalu besar menampung air dari luapan sawah petani dan dari bebukitan," jelas Walinagari Rawang Gunuang Malelo Aprisal 

Aprisal menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut kita masih mengupayakan untuk memperbesar saluran irigasi di dua kampung itu. Selama banjir didua kampung tersebut belum ada kerugian yang besar.

"Ya, kita akan mengupayakan melakukan pelebaran irigasi supaya luapan air diatas bukit dan sawah petani tertampung dan mengalir dengan lancar, untuk kerugian sepanjag banjir yang terjadi belum ada, cuman aktifitas warga dikampung itu terganggu," pungkasnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga