Curah Hujan Tinggi, Ikan Tangkapan Nelayan di Agam Kecil-kecil

Curah Hujan Tinggi Ikan Tangkapan Nelayan di Agam Kecilkecil Ilustrasi - Foto: Antara

Covesia.com - Curah hujan tinggi disertai badai yang melanda Sumatera Barat, (Sumbar) beberapa bulan terakhir sangat berpengaruh kepada jenis dan ukuran ikan hasil tangkapan nelayan di kecamatan Tanjung Mutiara, kabupaten Agam.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, (HNSI) Tanjung Mutiara, Arman Aciak mengatakan, jenis hasil tangkapan ikan para nelayan di pesisir kabupaten Agam itu saat cuaca buruk umumnya berukuran kecil-kecil, seperti ikan tete, teri, belanak, kembung dan cakalang, hal itu dipengaruhi oleh jarak dari bibir pantai serta kedalaman laut.

"Untuk cuaca buruk para nelayan baik bagan, pukat maupun pancing tidak ada yang berani mencari ikan terlalu jauh ketengah, jadi ikan yang didapatkan kecil-kecil," ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Tidak hanya jarak mencari ikan, tingginya permukaan dan warna air muara yang masuk ke laut juga mempengaruhi jumlah tangkapan, jika curah hujan tinggi, debit air dari sungai batang antokan dan masang akan meluap serta berwarna keruh, jadi ikan akan menjauh ke tengah perairan. Sehingga tangkapan akan berkurang.

"Jika sering hujan air sungai yang masuk kelaut akan mempengaruhi kenyamaan ikan di tepi pantai, mereka akan pergi ke tengah sehingga hasil tangkapan berkurang," lanjutnya.

Selain itu ukuran ikan juga mempengaruhi harga beli para pedangang, untuk ikan jenis kecil, satu baskom di hargai Rp 400 ribu sedangkan untuk ikan jenis cakalang, tuna dan tongkol, harga beli pedagang bisa mencapai Rp 700 Ribu/ baskom.

Sementara itu, salah seorang pedagang ikan di kecamatan Lubuk Basung, Agam Adi (34) menjelaskan masyarakat lebih menyukai ikan berukuran besar  dibandingkan dengan ukuran kecil, untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, mereka membeli atock ikan di luar daerah.

"Masyarakat lebih menyukai ikan ukuran besar untuk di konsumsi jadi untuk memenuhi permintaan pasar kita membeli ke nelayan di Medan dan Aceh," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga