Jalan Lintas Palupuh-Pasaman Kembali Tertutup Material Longsor

Jalan Lintas PalupuhPasaman Kembali Tertutup Material Longsor Tampak material longsor di Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sabtu (1/12/2018) pagi (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir mengakibatkan terjadinya tanah longsor di Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sabtu (1/12/2018) pagi.

Kapolsek Palupuh Iptu Syafri menyebutkan bahwa tanah longsor terjadi di pinggir jalan raya KM 13 arah Bukittinggi menuju Pasaman tepatnya Batang Palupuh dengan ketinggian material tanah longsor 5 meter dan panjang 7 meter. 

"Longsor disebabkan tingginya curah hujan sedari malam di daerah Palupuh dan mengakibatkan terjadinya longsor diperkirakan sekitar pukul 04.00 Wib. Material longsor tersebut juga mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas dari Sumbar menuju Sumatera Utara," ungkapnya. 

Untuk saat ini, kata Safri diberlakukan sistem buka tutup jalan agar kendaraan yang melintas bisa lewat dan tidak terjadi kemacetan panjang.  

Iptu Syafri menambahkan sampai saat ini alat berat dari Kab. Agam masih bekerja di lokasi untuk membersihkan tanah longsor dari jalan raya yang turut dibantu bersama dari pihak Polsek Palupuh, Koramil Palupuh dan bersama masyarakat secara bersama untuk membersihkan material yang menutupi jalan.

Ia mengingatkan, khususnya pengguna jalan yang melintasi jalan raya Palupuh untuk tetap berhati-hati karena kiri kanan jalan raya rawan longsor terlebih jika terjadi musim hujan yang sewaktu-waktu bisa terjadinya longsor. 

(deb/don) 

Berita Terkait

Baca Juga