Sentra Gakkumdu Pasaman Memutuskan Caleg Agus Salim tidak Memenuhi Unsur Pidana Pemilu

Sentra Gakkumdu Pasaman Memutuskan Caleg Agus Salim tidak Memenuhi Unsur Pidana Pemilu Caleg Partai Nasdem Agus Salim atau dipanggil Een (kanan) saat diperiksa di Sentra Gakkumdu Pasaman (Doc Bawaslu) beberapa waktu lalu.

Covesia.com - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) yang terdiri dari pihak Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu Kabupaten Pasaman, akhirnya memutuskan 

Calon Legislatif (Caleg) Partai NasDem nomor urut 4 Dapil lima atas nama Agus Salim tidak memenuhi unsur pidana pemilu.

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita ketika diwawancarai oleh Covesia.com, mengatakan putusan itu sudah melewat tahapan dan prosedur yang berlaku di Sentra Gakkumdu Pasaman.

"Benar. Setelah diproses di Sentra Gakkumdu Pasaman, Caleg Agus Salim atau biasa dipanggil Een tidak memenuhi unsur pidana pemilu," kata Rini Juita didampingi Penindakan dan Pelanggaran Kristian dan Kordiv Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Humas, Mesrawati, Sabtu (1/12/2018).

Sebelumnya kata Rini Juita, ada informasi dari Panwascam Kecamatan Bonjol ke Bawaslu Pasaman tentang adanya dugaan penggaran tindak pidana pemilu dari Caleg Partai NasDem nomor urut 4 Dapil lima Agus Salim atau dipanggil Een tanggal 7 November 2018.

"Dalam temuan Bawaslu Kabupaten Pasaman, Een diduga melanggar pasal 280 ayat (3) karena masih aktif sebagai anggota Bamus dan sampai DCT belum mengundurkan diri. Sementara Een terdaftar sebagai pelaksana kampanye dari Partai NasDem untuk Dapil V sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang disampaikan Partai Nasdem Ke KPU Kabupaten Pasaman," katanya.

Temuan tersebut kata Rini Juita, di register oleh Bawaslu Pasaman kemudian dibahas dalam Sentra Gakkumdu sesuai dengan Perbawaslu nomor 9 Tahun 2018 tentang Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Setelah dilakukan klarifikasi, dan penyelidikan yang juga didampingi pihak Kejaksaan di pembahasan II kajian Sentra Gakkumdu Pasaman, ternyata Caleg Agus Salim hanya sebatas pelaksana kampanye bukan tim kampanye. Makanya diputuskan bahwa temuan Bawaslu Kabupaten Pasaman dengan nomor register 001/TM/PL/Kab/03.13/XI/2018 dinyatakan tidak memenuhi unsur Tindak Pidana Pemilu," tuturnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga