Bibit Wahyu, Penyandang Disabilitas asal Jatim Kelilingi Indonesia Menyapa Bukittinggi

Bibit Wahyu Penyandang Disabilitas asal Jatim Kelilingi Indonesia Menyapa Bukittinggi Bibit Wahyu bersama Kapolres Bukittinggi, Kamis (6/12/2018)(Foto: Debi K)

Covesia.com - Bibit Wahyu, penyandang disabilitas cacat fisik asal Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang mengelilingi Indonesia menyapa kota Bukittinggi, Kamis (6/12/2018).

Ia tiba di Kota Bukittinggi pukul 15.00 WIB dengan mengendarai motor roda tiga yang ia kendarai dari Jawa Timur mengunjugi Polres Bukittinggi, Sumbar. 

Bibit Wahyu Bianto (55) bekerja sebagai tambal ban, beralamat di Desa Mangunan Rt. 03/Rw.03 no. 16, Kecamatan Udan Nawu, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Dalam rencananya ia hanya kelilingi Indonesia untuk memperjuangkan hak-hak disabilitas sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 4 tahun 1997. 

"Saya hanya ingin memperjuangkan hak para disabilitas Indonesia," katanya. 

Dengan semangatnya, ia berkeliling Indonesia dengan hanya mengendarai sepeda motor roda 3 jenis Viar Nopol AG 8851 L, dengan mulai perjalanan dari Kota Blitar.

"Perjalanan keliling Indonesia ini sudah berjalan selama kurang lebih 4 bulan, dan berakhir nantinya di Provinsi Aceh," ucapnya. 

Sementara itu, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana yang menerima langsung kunjungan Bibit Wahyu mengungkapkan bahwa penyandang disabilitas juga perlu pelayanan, pengayoman dan perlindungan seperti masyarakat pada umumnya.

"Oleh karena itu, kita sebagai pengayom masyarakat tidak boleh membedakan dalam pelayanan kepada siapapun termasuk penyandang disabilitas," sebutnya. 

Dalam menempuh perjalanan, Bibit selalu menyempatkan diri singgah di kantor Polres yang dilewatinya. Kemudian pada saat singgah di Polres Bukittinggi, Kapolres Bukittinggi memberikan dukungan kepada Bibit Wahyu Bianto dalam memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas tersebut.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga