Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Nagari II Koto Agam Kembangkan Kambing Etawa

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Nagari II Koto Agam Kembangkan Kambing Etawa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Nagari II Koto Agam Kembangkan Kambing Etawa (Foto: Covesia/Johan)

Covesia.com - Berpotensi untuk tingkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Nagari Duo Koto, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembangkan kambing Etawa.

Walinagari Duo koto, Joni Safri mengatakan, nagari yang berada di pinggiran Danau Maninjau itu memiliki rumput yang melimpah dan sumber daya yang ada itu sudah dimanfaatkan masyarakat setempat untuk beternak sapi. Dengan sumber daya itulah pemerintah nagari mulai berinofasi untuk mengembangkan kambing etawa.

Dijelaskan Joni Safri, budidaya kambing etawa sudah dijalankan selama  1 tahun terakhir, untuk tahap awal pihaknya mencoba mengembangbiakan dengan 7 ekor kambing betina dan 1 ekor jantan. 

“Untuk 3 tahun kedepan kita masih mengejar kwantitas, perkembangbiakan kambing etawa cukup cepat, ia bisa melahirkan 2 kali dalam 1 tahun, alhamdulillah 4 dari 7 bakal induk sudah memiliki tanda-tanda sedang mengandung dan diperkirakan 2 bulan kedepan melahirkan,“ ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Minggu (23/12/2018) kemarin.

Selain meningkatkan jumlah, pihaknya sudah mulai memanfaatkan kotoran dan urin kambing untuk pupuk, hal itu bertujuan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia bagi petani. Kambing merupakan hewan  memakan dedaunan, dari makanan inilah kotorannya menjadi banyak manfaat terutama pada tanaman yang digunakan sebagai pupuk kompos.

“Bukan itu saja urin kambing merupakan salah satu limbah bermanfaat karena mengandung zat-zat sisa yang dibuang oleh tubuh seperti kalium, natrium, nitrogen dan juga fosfor meski memiliki bau yang cukup menyengat tapi urin kambing memiliki fungsi yang bagus untuk memperbaiki kondisi tanah,“ lanjutnya.

Setelah memiliki jumlah yang mencukupi kedepannya pemerintah nagari duo kota akan mengembangkan usaha produksi susu kambing etawa, disinilah peluang usaha terbesar, permintaan pasar tinggi sedangkan jumlah produksi sedikit membuat susu kambing memiliki nilai jual cukup tinggi.

“Selain enak, susu kambing etawa memiliki khasiat yang banyak untuk tubuh, jadi bisa menjadi peluang bisnis tinggi, kedepannya kita akan mendorong masyarakat untuk ikut membudidaya, dan ditargetkan nagari II Koto menjadi sentral budidaya kambing etawa,“ tutupnya.

(han/don)


Berita Terkait

Baca Juga