Pemerintah Nagari Garagahan di Agam Canangkan Program Peduli Orang Tua

Pemerintah Nagari Garagahan di Agam Canangkan Program Peduli Orang Tua Walinangari garagahan sedang mendampingi kapolres Agam menyalurkan bantuan kepada salah seorang lansia terlantar, Sabtu (12/1/2019)

Covesia.com - Tahun 2019, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) mencanangkan program peduli orang tua. Program tersebut untuk menumbuhkan rasa peduli generasi muda kepada masyarakat usia lanjut.

Pj Walinagari Garagahan Marliyus mengatakan, seiring berjalannya waktu, tatanan kehidupan di masyarakat mulai berubah, rasa peduli dengan sesama mulai berkurang, sikap lebih mementingkan diri sendiri itu berdampak buruk di tengah masyarakat.  

“Nagari masih masyarakat homogen, namun seiring berjalannya waktu tatanan kehidupan mulai berubah, rasa peduli dengan sesama mulai berkurang, jadi untuk menumbuhkan kesadaran itu pemerintah nagari mencanangkan program nagari peduli orang tua,“ ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu (12/1/2018). 

Dalam realisasi program, nantinya, para pemuda di setiap jorong akan diberikan pelatihan serta pemahaman tentang peran aktif mereka dalam sosial masyarakat, berbakti dan menghargai orang yang tua serta menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama. 

“Jika ada warga usia lanjut ataupun kurang mampu, pemuda tersebutlah yang menjadi ujung tombak sekaligus perpanjang tangan pemerintah nagari, baik berupa informasi, membantu langsung serta musyawarah mencarikan solusi atas permasalahan,“ tuturnya.

Dijelaskan Marliyus, gerakan peduli orang tua tersebut sejalan dengan Program Agam Madani yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Agam, menguatkan kembali Adat dan agama di tengah masyarakat serta meningkatkan rasa peduli. 

“Kita kembali lagi pada tatanan masyarakat Minangkabau dahulu, dimana rasa peduli dan menghargai masih tertanam di dalam jiwa," terangnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga