Pernikahan Tak Diketahui Pemuka Agama Masih Banyak Terjadi di Mentawai

Pernikahan Tak Diketahui Pemuka Agama Masih Banyak Terjadi di Mentawai Tarsisius Sakeru (Foto: Kornelia Septin Rahayu/covesia)

Covesia.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mentawai menemukan banyak kasus perkawinan secara adat tanpa diberkati seorang pemuka agama seperti pastor, pendeta, ataupun ustaz. 

"Kebanyakan di wilayah Siberut yang menikah hanya diketahui oleh kepala suku," ungkap Tarsisius Sakeru, Kepala Disdukcapil Mentawai, Rabu (16/1/2019).

Ia mengatakan, hal tersebut terjadi karena beragam faktor seperti kurangnya pendidikan terhadap masyarakat, dan masih banyak yang buta huruf.

"Solusinya, Disdukcapil hadir langsung di tengah-tengah masyarakat untuk menanyakan kronologis pernikahan adatnya. Sesudahnya kita hubungi penatua agama, pendeta atau pastor, " papar Tarsisius pada selasa, (15/01/2019). 

Dia mengungkapkan, pihaknya berupaya menggabungkan hukum adat dan hukum positif melalui seni hukum dan sosiologi hukum agar risiko hukum tidak terjadi dalam mengatasi persoalan tersebut. 

Pihaknya juga berinovasi dengan pola UPT satu atap di setiap kecamatan untuk melayani administrasi kependudukan masyarakat tanpa pungutan. 

Sementara hingga Juli 2019, imbuhnya, blangko untuk pengurusan akta lahir dan perkawinan kosong dan masih menunggu adanya anggaran.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga