Tujuh Kuncup Rafflesia di Agam Gagal Mekar

Tujuh Kuncup Rafflesia di Agam Gagal Mekar Tampak kuncup bunga Raflesisa yang gagal mekar dan membusuk, Sabtu (26/1/2019)(Foto: BKSDA)

Covesia.com - Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di kawasan Cagar Alam Maninjau Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gagal mekar.

Unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra mengatakan kuncup bunga yang gagal itu berjumlah 7 knop dan saat ditemukan sudah dalam keadaan membusuk.

"Tadi kita memantau ke lokasi dan ditemukan 7  bakal bunga yang sudah tidak utuh lagi dan mati," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Sabtu (26/1/2019).

Dari pemantauan di lapangan kuat dugaan bunga tersebut rusak akibat aktifitas satwa liar yang berada di sekitar lokasi, selain itu curah hujan yang tinggi yang terjadi beberapa bulan terakhir juga berpengaruh kepada perkembangannya.

"Kami menemukan jejak babi hutan di sekitar kawasan bunga, selain itu curah hujan tinggi yang mengguyur beberapa bulan terakhir berpengaruh kepada perkembangan bunga," lanjutnya.

Saat pemantauan, pihaknya juga menemukan tujuh kuncup bunga yang sudah melalui fase mekar sempurna, menurut perkiraan mereka mekar pada awal januari kemarin.

Sebelumnya, BKSDA Resor Agam menemukan 46 knop bunga rafflesia di kawasan tersebut, dari 46 knop itu, 26 diantaranya yang sudah mekar dan ada yang gagal. 

"Saat ini tinggal sebanyak 25 knop dan menurut perkiraan ada yang akan mekar beberapa bulan kedepan," kata dia.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga