Tim Gabungan Tertibkan APK di Kota Pariaman

Tim Gabungan Tertibkan APK di Kota Pariaman Foto: Petugas Satpol PP Kota Pariaman membuka Poster salah seorang Caleg DPR-RI yang di tempel di Angkutan Umum, Rabu (6/2/2019) di Jalan Pahlawan, Kota Pariaman. Foto (Almurfi Syofyan)

Covesia.com - Tim gabungan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Kota Pariaman, Rabu (6/2/2019) sekitar pukul 11.00 Wib, mulai menertibkan sejumlah APK yang terpasang di zona-zona terlarang di wilayah tersebut.

"Penertiban kali ini di bagi menjadi tiga tim. Ketiganya fokus menertibkan ditiga lokasi yang berbeda pula," ujar Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman, Riswan, disela-sela penertiban APK tersebut.

Kata dia, tim pertama bakal menertibkan APK yang menempel di angkutan umum yang berada di wilayah Kota Pariaman. Titik sasaran penertiban di kawasan Pasar Pariaman.

Sementara tim kedua bakal menyisir APK yang terpasang di Kecamatan Pariaman Tengah Dan Pariaman Selatan. Sedangkan tim tiga bakal menertibkan APK di Kecamatan Pariaman Utara dan Pariaman Timur.

"Ketiga tim terdiri dari unsur, Bawaslu, KPU, Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, dan Kesbangpol," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin disaat melepas tim gabungan Penertiban APK tersebut mengatakan jika penertiban itu berdasarkan kepada Peraturan Daerah (Perda) Kota Pariaman Nomor 6 tahun 2006 tentang Kebersihan, Ketentraman, dan Ketertiban (K3).

"Dalam perda tersebut telah diatur zonasi yang diperbolehkan dan dilarang dalam memasang spanduk, baliho, poster dan sebagainya. Jadi kita harapkan penertiban bisa berjalan lancar," ujarnya.

Menurut Wawako, jika ada parpol yang menyanggah atau melarang penertiban hendaknya diselesaikan secara persuasif.

"Apa yang akan kita lakukan hari ini, murni untuk memperindah tatanan kota Pariaman sesuai dengan Perda K3. Jadi nanti parpol harus memperhatikan lagi setiap calegnya dalam pemasangan baliho tersebut," tutupnya.

 Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga