Perakitan Kotak Suara di Pasaman Rampung, Ketua KPU: Ditemukan 59 Kotak yang Rusak

Perakitan Kotak Suara di Pasaman Rampung Ketua KPU Ditemukan 59 Kotak yang Rusak Kondisi kotak suara yang sudah di rakit di gudang logistik GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Senin (11/02/2019). Foto: Covesia/ Heri Sumarno

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat akhirnya tuntas merampungkan perakitan Kotak Suara sebanyak 4.638 kotak sebagai persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April 2019 mendatang.

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi mengatakan perakitan kotak suara tersebut sudah dikebut sejak Bulan Januari 2019 ini yang dipusatkan di gudang logistik KPU, bertempat di GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping.

"Alhamdulillah sudah rampung. Dari 4.697 kotak suara yang telah diterima, sudah dirakit 4.638 kotak. Namun saat proses perakitan, kita menemukan 59 Kotak Suara rusak," terang Rodi Andermi, Senin (11/2/2019).

Untuk Kotak Suara yang rusak itu kata Rodi Andermi, sudah dikoordinasikan kepada Bawaslu Pasaman dan melaporkannya ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sumatera Barat.

"Proses perakitan itu sangat diawasi dengan ketat baik Bawaslu Pasaman maupun aparat gabungan. Begitupun gudang logistik juga dijaga ketat oleh pihak Polres Pasaman. Jadi semua sangat jelas, apapun yang terjadi kita selalu berkoordinasi. Semua ini tentu untuk menciptakan pemilu yang bersih di daerah ini," katanya.

Dari jumlah yang ada saat ini kata dia, KPU Pasaman masih kekurangan 73 buah kotak suara lagi untuk memenuhi kebutuhan 915 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada.

"Kabupaten Pasaman membutuhkan 4.711 kotak suara. Sementara yang ada baru 4.638 kotak. Tentu dari jumlah itu masih kurang sebanyak 73 kotak suara," ucapnya.

"Jadi KPU Pasaman masih kekurangan 73 kotak suara lagi, dari jumlah keseluruhan yang dibutuhkan sebanyak 4.711 kotak suara. Kondisi ini akan segera kita laporkan kepada KPU Provinsi Sumbar. Sehingga sebelum bulan April 2019 semua logistik pemilu sudah siap semuanya didistribusikan ke TPS," tuturnya.

Sementara Kasubag. Logistik KPU Pasaman, Irwan mengatakan, puluhan kotak suara yang rusak itu sudah tidak bisa digunakan karena sobek.

"Jadi kotak suaranya sobek, sekitar 10 cm pada beberapa sudut. Ada juga yang terkelupas bagian atasnya," pungkas Yolli.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga