Buat Tiga Terobosan, Dasawisma Pinang Merah Pariaman Dinilai Provinsi

Buat Tiga Terobosan Dasawisma Pinang Merah Pariaman Dinilai Provinsi Tim penilai lapangan Kelompok Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 ke Kelompok Dasawisma Pinang Merah, Senin (11/2/2019)

Covesia.com - Kelompok Dasawisma Pinang Merah Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman berpeluang besar mewakili Kota Pariaman ke tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019. 

Hal itu dibuktikan dengan turunnya tim penilai lapangan Kelompok Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 ke Kelompok Dasawisma Pinang Merah tersebut.

"Kelompok dasawisma itu memiliki tiga terobosan yang menjadi percontohan bagi kelompok dasawisma lainnya, sehingga tim penilai provinsi tertarik untuk meninjaunya," ujar Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Senin (11/2/2019).  

Kata Mardison, tiga terobosan tersebut yakni, mereka sukses memanfaatkan pekarangan rumah warga untuk dijadikan usaha ekonomi produktif seperti usaha jamu Jahe, ikan air tawar, dan telur itik.

Mardison juga mengatakan bahwa Dasawisma merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang mulia, karena menyangkut upaya pendapatan yang objektif dan menggerakkan pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK dilapangan.

"Sepuluh Program pokok PKK merupakan dasar bagi Dasawisma dalam melaksanakan dan menjalankan kegiatan mereka, karena mereka merupakan garda terdepan yang diharapkan mampu menggerakkan semua kegiatan yang langsung berhubungan dengan hidup dan kehidupan masyarakat", tuturnya. 

Mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini juga mengatakan, bahwa Desa Kampung Kandang, merupakan desa dimana ia tinggal, dan ia sangat tahu, bahwa Kelompok Dasawisma Pinang Merah, telah banyak berbuat untuk peningkatan pendapatan masyarakat, melalui pengoptimalan pekarangan.

"Kelompok Dasawisma Pinang Merah ini, sejak tahun 2016 lalu, telah mulai merintis usaha pengoptimalan pemanfaatan pekarangan, agar mempunyai nilai ekonomis, dengan menjadikan jahe menjadi usaha kelompoknya", ulasnya. 

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno yang turun sebagai ketua tim penilai mengatakan bahwa ia bersama rombongan akan menilai secara professional dan subjektif, sesuai dengan ekspose dan penilaian dilapangan nantinya.

"Dengan melihat apa yang sudah dilakukan oleh kelompok dasawisma ini sejak tahun 2016 lalu, mulai dari usaha jahenya, sampai budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan aliran irigrasi serta kolam yang dibuat masyarakat serta budidaya itik petelur ini, hal ini sangat bagus sekali", ucapnya

"Kami juga berharap ketua kelompok dasawisma pinang merah dari Kota Pariaman ini, akan dapat menjadi juara, tentunya setelah kita melihat hasil dari penilaian lapangan dari daerah lain tentunya", ungkapnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan


Berita Terkait

Baca Juga