Sumbar Tuan Rumah Rakernas APPSI, Irwan Prayitno: Produk Unggulan UMKM Jadi Isu Utama

Sumbar Tuan Rumah Rakernas APPSI Irwan Prayitno Produk Unggulan UMKM Jadi Isu Utama Gubernur Irwan Prayitno, didampingi Sekdaprov, Alwis, Asisten I, Devi Kurnia, Kabiro Pemerintahan, Iqbal Rama Dipayana, Kabiro Humas, Jasman saat jumpa pers dengan media, Senin (18/2) di Istana Gubernur (Foto: Fadil/Covesia)

Covesia.com- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang diselenggarakan pada Rabu-Jumat 20 hingga 22 Februari 2019 di Hotel Grand Inna Padang.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, menuturkan tema Rakernas kali ini adalah 'Reformasi Kebijakan Dan Strategi untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan dan Kerja Sama Antar Daerah'.  Isu ini menjadi penting untuk meningkatkan produk unggulan di suatu daerah. 

"Sama dengan daerah lain, Sumbar juga memiliki produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), namun danpak dari  tarif bagasi berbayar tentu sedikit banyaknya berpengaruh kepada perkembangan produk unggulan, ini yang akan kita usulkan bagaimana pemerintah bisa menurunkan harga bagasi berbayar tersebut," ujar Irwan Prayitno saat jumpa pers kepada awak media di Padang, Senin, (18/2/2019). 

Menurutnya, kepala daerah yang hadir nanti saat Rakernas APPSI juga diharapakan menyepakati agar harga tarif bagasi berbayar bisa dikurangi atau ditiadakan sama sekali. 

Lebih lanjut, ia menuturkan, APPSI menghadirkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman sebagai pembicara mengenai arah kebijakan pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan produk unggulan daerah dalam meningkatkan ekspor dan menurunkan impor. 

"Nah kemudian saya dan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah akan membahas mengenai peluang dan kendala dalam pengembangan produk unggulan dan kerja sama ekonomi antar daerah," sebutnya. 

"Nanti akan ada semacam MoU antar provinsi terkait kerjasama berapa produk unggulan dari daerah, selain itu Sumbar juga memiliki berbagai macam wisata kuliner dan ini sangat menjanjikan,"lanjutnya. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan  bahwa Presiden Joko Widodo bakal dijadwalkan hadir pada Kamis (21/2) mendatang. 

"Kita masih menunggu informasi kedatangan Presiden Joko Widodo. Tetapi, untuk kedatangan gubernur maupun perwakilannya sudah ada yang konfirmasi akan hadir ke Padang," sebutnya.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga