Tanggul Sementara Jebol, Dua Jembatan di Tapan Amblas

Tanggul Sementara Jebol Dua Jembatan di Tapan Amblas Jembatan Amblas di Nagari Kampung Tengah Tapan, Kecamatan Ranhul Tapan, Pesisir Selatan, SUmatera Barat (Foto: Indrayen/Covesia))

Covesia.com - Diguyur hujan lebat, tanggul sementara Sungai Batang Tapan di Kecamatan Ranhul Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali jebol dua jembatan di daerah itu amblas diterjang arus sungai pada Jumat (22/2/2019).

Hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut semenjak siang hingga Sore, membuat air sungai batang tapan meluap. Kuatnya arus mengakibatkan tanggul pengaman sementara yang dibangun kembali jebol. 

"Karna tanggul sementara jebol, luapan air sungai yang deras langsung menerjang dua jembatan, dan membuat kedua jembatan itu amblas," sebut Almmirzon, Sekretaris Nagari Binjai Tapan pada Covesia.com, Jumat. 

Kedua jembatan yang amblas tersebut merupakan penghubung Kampung Pasar Baru menuju Kampung Binjai dan satu lagi jembatan yang menghubungkan kampung tangah, tapan.

"Saat ini kondisi jembatan di Nagari kampung tengah tapan tidak bisa dilewati, kalau jembatan yang satu lagi masih bisa dilewati. Sedangkan luapan air sungai hampir masuk ke rumah warga, " terang Almmirzon.

Sementara itu, Wali Nagari Kampuang Tangah Tapan Syafi'i juga membenarkan ambruknya jembatan tersebut.

"Kondisi ini kembali terulang. Air sungai batang tapan kembali mengganas. Tanggul sementara yang di bangun pemkab tidak bisa menahan debit air yang kuat," sebutnya Wali Nagari.

Terkait hal itu, Wali Nagari berharap Pemerintah Daerah harus segera menormalisasi sungai batang tapan.

"Sebab, jebolnya tanggul itu sudah dua kali, memang air tidak masuk kerumah warga tapi kikisan air semakin lama semakin membesar yang mengakibatkan amblasnya jembatan di Nagarinya," tutupnya.

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga