Habitat ke 13 Bunga Rafflesia di Agam Ditemukan

Habitat ke 13 Bunga Rafflesia di Agam Ditemukan Penemuan bunga Raflesia di Agam (Foto: BKSDA)

Covesia.com - Habitat bunga Rafflesia Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bertambah seiring ditemukannya lokasi baru tempat tumbuhnya tanaman langka itu di Jorong Mudiak, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya.

Unit pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Agam, Ade Putra Mengatakan, habitat bunga yang dilindungi itu pertama kali ditemukan oleh warga saat hendak pergi ke hutan, pada Minggu (7/4/2019) lalu. 

Melihat tumbuhan dengan jenis Rafflesia arnoldii itu mereka langsung melaporkan ke pemerintah nagari 2 Koto dan diteruskan Ke BKSDA Agam.

"Tadi kita  sudah pergi ke lokasi, dari pantauan ditemukan 1 kuncup bunga yang sedang mekar sempurna dihari ke enam dengan diameter 97,2 serta beberapa knop bunga dengan berbagai ukuran," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Rabu (10/4/2019).

Tim BKSDA juga memasang papan informasi dan larangan mengingat tumbuhan langka ini dilindungi oleh Undang-undang. "Bersama pemerintah nagari Kita juga menghimbau masyarakat untuk tidak mengganggu atau mengubah habitat Rafflesia," terangnya.

Dengan ditemukannya lokasi tersebut kabupaten Agam sudah memiliki 13 habitat bunga rafflesia, dan diyakini masih ada habitat baru yang belum diketahui, "Kabupaten Agam semakin kaya dengan keanekaragaman hayati baik berupa tumbuhan dan satwa ini merupakan potensi besar untuk daerah," tutup Ade.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga