Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan

Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan Kampung Jokowi di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Ist)

Covesia.com - Jorong Bancah di Kenagarian Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota resmi dijadikan kampung Jokowi oleh Keluarga Besar Pemenangan Pasangan Calon Presiden no urut 01, Jokowi-Amin, Jumat (12/04/2019). Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita di salah satu mushalla yang baru saja di bangun dan dinamakan Mushalla Jokowi.

Peresmian Kampung Jokowi ini berawal dari banyaknya masyarakat di Jorong Bancah yang menghubungi tim pemenangan Capres 01 Kabupaten Limapuluh Kota agar bisa desa berpendudukan 2.000 lebih ini bisa didatangi oleh Jokowi.

“Ini gagasan dari masyarakat Jorong Bancah yang menginginkan pak Jokowi datang bersilaturrahmi ke sini. Karena kesibukan Pak Jokowi dan sampai sekarang belum juga bisa memiliki kesempatan untuk berkunjung. Maka kami bersama masyarakat Jorong Bancah ingin membuat sesuatu hal yang beda yaitu membuat kampung ini seperti rumah untuk pak Jokowi,” kata Ketua Presedium Rumah Kerja 01 Sumbar, Bayu Vesky kepada Covesia.com.

Diistilahkan Bayu, jikalau Jorong Bancah ini sudah menjadi Kampung Jokowi, besar peluang masyarakat akan didatangi Jokowi. Pasalnya, ia akan pulang ke rumahnya sendiri.

“Jika sudah dipersilahkan seperti rumah sendiri. Pasti pak Jokowi akan pulang ke Jorong Bancah ini. Otomatis, masyarakat Jorong Bancah seluruhnya adalah keluarga Pak Jokowi,” ucap Bayu.

Dengan diresmikannya Jorong Bancah di Kenagarian Batu Balang ini menjadi Kampung Jokowi, Bayu berharap bisa meningkatkan elektabilitas dan suara pasangan Capres 01 Jokowi-Amin dikancah Pemilu 17 April 2019 mendatang di Sumatera Barat. Disamping itu, ini adalah Kampung Jokowi pertama di Sumatera barat.

“DPT Jorong Bancah ini mencapai 2.000 lebih dan itu hanya satu jorong (desa-red). Belum lagi di nagarinya. Kami menargetkan suara Pak Jokowi-Amin di Limapuluh Kota bisa mencapai 50 persen. Lagipula ini yang pertama di Sumbar,” ucap Bayu.

Sementara itu Ketua Komunitas Srikandi Indonesia, Yanti Rukmana mengatakan peresmian kampung Jokowi ini bukan hanya sebagai perangsang semangat masyarakat yang cinta Jokowi pada moment pemilu 2019 ini. Tetapi bagaimana merangsang semangat dan cita-cita Jokowi untuk memakmurkan masyarakatnya.

“Pak Jokowi itu sebelum terjun ke politik, adalah pengusaha sukses. Nah, dari Jorong Bancah ini kami ingin memulai bagaimana mengedukasi masyarakat untuk berwisausaha. Memanfaatkan UMKM dan Koperasi sebagai penggerak ekonomi kemasyarakatan,” ucap

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha

Berita Terkait

Baca Juga