Wali Kota Pariaman: Keberadaan 'Dubalang dan Barakai' Berfungsi Sebagai Pelopor Kehidupan Bernagari

Wali Kota Pariaman Keberadaan Dubalang dan Barakai Berfungsi Sebagai Pelopor Kehidupan Bernagari Wali Kota Pariaman Genius Umar (Foto: Almurfi Syofyan)

Covesia.com - Wali Kota Pariaman Genius Umar, meminta keberadaan Dubalang dan Barakai harus berfungsi sebagai upaya kemandirian masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta pelopor kehidupan bernagari.

"Setelah kita evaluasi ternyata keberadaan dubalang dan barakai ini mampu menciptakan rasa keharmonisan dan keamanan ditengah masyarakat, sehingga di tahun 2019 ini kita kukuhkan kembali sebanyak 344 orang Dubalang dan 172 Barakai," ujarnya, Senin (15/4/2019).

Wako Pariaman itu juga menjelaskan tentang dubalang dan barakai yang merupakan perpanjangan tangan Satpol PP dalam penegakan Perda di Kota Pariaman.

"Walaupun Kota Pariaman tidak memiliki pemerintahan nagari namun keberadaan Dubalang dan Barakai ini mampu sebagai pelopor kehidupan ber-nagari di Sumatra Barat," ulasnya.

Ia berharap kedua fungsi Dubalang dan Barakai ini mampu bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya, terkhusus Dubalang pihaknya akan selalu minta koordinasi dan arahan dari Polres Pariaman terkait pelaksanaan aturan dan tata cara proses hukum yang akan terjadi nantinya setelah Dubalang ini bekerja di wilayah desa/kelurahan masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Pariaman AKBP. Andri Kurniawan mensupport penuh dan siap untuk membantu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada para Dubalang tersebut.

Ia juga memberikan apresiasi yang baik terhadap Pemko Pariaman yang telah mampu bersinergi dengan pihak kepolisian dalam upaya menjaga keamanan, ketertiban masyarakat umum.

Kontributor Pariaman: Almurfi Sofyan

Berita Terkait

Baca Juga