Pantau Kondisi Fisik, Pemkab Agam Periksa Kesehatan Petugas Pemilu

Pantau Kondisi Fisik Pemkab Agam Periksa Kesehatan Petugas Pemilu (Foto: Johan Utoyo/Covesia)

Covesia.com - Pedulian terhadap tingginya intensitas pekerjaan penyelenggara dan pengamanan Pemilu, Pemerintah Kabupaten Agam di Kecamatan Lubuk Basung lakukan pemeriksaan kesehatan bagi petugas penyelenggara pemilu pada Selasa (23/4/2019).

Camat Lubuk Basung, Murni Idrus mengatakan, kegiatan itu terlaksana kerjasama dengan Puskesmas Manggopoh yang dilakukan dengan dua sesi, pertama kepada anggota pengamanan yang dimulai pagi dan tahap kedua kepada PPK, PPPS, Panwascam serta para saksi disiang harinya.

"Kita melakukan pemeriksaan baik kepada petugas yang bekerja dan pengamanan serta  para saksi dari Parpol peserta pemilu, "ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Menurut Camat Lubuk Basung pemeriksaan kesehatan ini untuk melihat kondisi serta mengantisipasi penyakit seluruh penyelenggara.

"Tugas mereka sangat berat bahkan menyita waktu istirahat, ada beberapa penyelenggara yang dirawat inap bahkan ada yang meninggal dunia karena kelelahan dalam menyelenggarakan pemilu ini, untuk itu kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap penyelenggara pemilu," lanjutnya.

Saat pemeriksaan mayoritas  petugas memang mengalami kelelahan dan hipertensi, petugas juga diberikan obat serta vitamin agar kondisi fisik mereka bisa tetap terjaga.

"Kita menghimbau agar para petugas PPK, Pengamanan serta saksi untuk tetap menjaga kesehatan meskipun tugas yang dilaksanakan sangat berat," himbaunya.

(jhy)

Berita Terkait

Baca Juga