Usai Melihat Hilal, Jamaah Tarekat Syattariah Mulai Berpuasa Besok

Usai Melihat Hilal Jamaah Tarekat Syattariah Mulai Berpuasa Besok Siluet sejumlah jamaah tarekat Syattariyah menanti kemunculan bulan (hilal) di pantai Ulakan, Padangpariaman, Sumatera Barat, Senin (6/5/2019). Antara Foto/ Iggoy El Fitra

Covesia.com - Jamah tarekat Syattariah menetapkan 1 Ramadhan 1440 hijriah jatuh pada hari Selasa (7/5/2019). Hal tersebut didapati setelah pimpinan dan ulama tarekat tersebut melihat kemunculan bulan (hilal) di pantai Ulakan, Padang Pariaman, Senin (6/5/2019) sore.

"Alhamdulillah, sore ini kita telah menyaksikan bersama-sama kemunculan hilal. Oleh karena itu besok kita sudah mulai berpuasa," ujar Pimpinan Tarekat Syattariah, Ali Imran, usai melakukan pemantauan.

Kata dia, jamaah tarekat Syattariyah menentukan jatuhnya 1 Ramadhan dengan melihat bulan dan berdasarkan penghitungan hisab takwim khamsiah yang mana menjumlahkan huruf tahun dan huruf bulan.

Ia merincikan, tahun sekarang terdiri dari 'alif' merupakan satu sedangkan bulan 'H' merupakan lima sehingga berjumlah enam dan dihitung dari Kamis kemarin.

"Jadi jika dihitung 6 dari Kamis maka Selasa merupakan awal masuknya Ramadhan," katanya.

Selain itu, menurut Ali Imran, hasil pemantauan hilal di pantai Ulakan, Padang Pariaman tersebut juga telah disampaikan kepada jamaah Tarekat Syattariah ke seluruh daerah yang ada di Sumbar dan luar Sumbar.

"Hasil pemantauan ini telah disampaikan kepada ulama Tarekat Syattariah lainnya yang ada di Padang Pariaman atau daerah lainnya," tutupnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Sofyan

Berita Terkait

Baca Juga