Perolehan Suara Calon DPD RI Emma Yohana Kalahkan Suara Jokowi-Ma'ruf di Sumbar

Perolehan Suara Calon DPD RI Emma Yohana Kalahkan Suara JokowiMaruf di Sumbar Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Emma Yohanna. (dok.pribadi)

Covesia.com- Perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Emma Yohanna mengalahkan jumlah suara pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Sumatera Barat (Sumbar).

Berdasarkan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dini hari tadi, Emma Yohanna meraih 531.104 suara di seluruh Kab/Kota di Sumatera Barat. 

Sementara pasangan Capres Jokowi-Ma'ruf Amin hanya mengantongi 407.761 suara. Dengan jumlah ini, Emma Yohanna unggul 20 persen lebih atas Jokowi-Ma'ruf Amin di Sumatera Barat.

Jumlah ini juga menunjukan Emma Yohanna tampil sebagai peraih suara terbanyak yang jauh meninggalkan rivalnya sesama calon DPD RI asal Sumbar. Kemudian disusul Muslim M Yatim dengan 249.972 suara, Alirman Sori 205.859 dan Leonardy Harmaini 199.027 suara.

Jumlah perolehan suara Emma ini meningkat tajam dibandingkan pada Pemilu 2014 lalu. Saat itu, Emma hanya mendapatkan 314.053 suara. Sedangkan di Pemilu 2009, Emma mendapatkan 203.587 suara.

Emma Yohanna mengatakan bahwa perolehan suara tersebut tidak lain atas kepercayaan masyarakat Sumbar yang memberikan amanah sebagai senator didaerah tersebut.

"Saya merasa terhormat. Ini adalah kepercayaan yang ketiga kalinya bagi saya untuk duduk di DPD RI. Tentu hasil ini akan memberikan spirit bagi saya untuk tetap bertekad memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sumbar di tingkat Nasional," kata dia kepada Covesia.com, Minggu (12/5/2019).

Di usia yang sudah senja itu Emma mengaku ingin mengabdikan dirinya untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumbar. 

"Masih banyak persoalan masyarakat yang saya temui sewaktu turun ke pelosok-pelosok daerah. Sebagai wakil mereka di DPD RI, saya harus mendengarkan dan memperjuangkan nasib mereka," pungkas Emma.

(her/jon)


Berita Terkait

Baca Juga