Sejumlah Pemuda Layangkan Protes pada KAN dan Niniek Mamak Terkait Pembangunan Pasar

Sejumlah Pemuda Layangkan Protes pada KAN dan Niniek Mamak Terkait Pembangunan Pasar Foto: istimewa

Covesia.com - Diduga memperlambat pembangunan pasar Sutera, sejumlah pemuda Simpang Samudera, Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan aksi protes kepada unsur Niniek Mamak dan KAN setempat.

Pemuda setempat membentangkan spanduk di jalan raya Surantih yang bertuliskan "Ikrar Pemuda-Pemudi Peduli Pembangunan Sutera, Kami ingin pembangunan pasar baru, kami rindu akan pasar modern. Pembangunan terkendala oleh niniek mamak atau ketua KAN surantieh".

Pasar tersebut rencananya akan dibangun Pemekab Pessel pada 2019 ini dan selesai pada tahun 2020, dengan anggaran Rp10 miliar.

Sebelumnya, proses pembangunan pasar Surantih, Kecamatan Sutera Tersebut memang ada bermasalah, terutama masalah lahan. 

Lahan pasar sebelumnya terlalu sempit. Untuk itu, pasar bakal dipindahkan. 

Akan tetapi masyarakat sekitar tidak mau dipindahkan, bahkan bersedia membebaskan lahannya dan menghibahkan untuk pembangunan pasar.

Saat ini proses pembangunan pasar telah mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak, baik masyarakat maupun unsur beberapa tokoh masyarakat dan pemuda di Surantih Kecamatan Sutera.

"Namun, saat ini dari informasi yang kami dapat, persetujuan untuk pembangunan masih terkendala dan belum disetujui oleh unsur Niniek Mamak dan Ketua KAN," ungkap Dedi (35) pada Covesia.com, Rabu (15/5/2019).

Dijelaskannya, sebelum ini ia bersama unsur pemuda atas kesepakatan beberapa tokoh masyarakat. 

"Tapi pihak KAN memberikan alasan dengan alasan, masih proses pemilu. dan dijanjikan usai pemilu dibicarakan. Tapi hingga saat ini masih saja belum ada kejelasan," terangnya.

Ia menambahkan, setelah selesai pemilu pihaknya dari unsur pemuda juga telah berusaha menghubungi pihak KAN setempat. Akan tetapi alhasil tetap sama, tidak adanya tanggapan.

"Setelah melakukan aksi seperti ini, tidak juga ada tanggapan, kami dari unsur pemuda kembali bakal memasang spanduk di setiap nagari di Kecamatan Sutera melalui unsur pemudanya," pungkasnya.

Sementara itu, uapa konfirmasi ke pihak KAN Surantih masih diupayakan. 

Kontributor Pessel: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga