Lantik Ketua Baznas Periode 2018-2023, Ini Kata Wabup Mentawai

Lantik Ketua Baznas Periode 20182023 Ini Kata Wabup Mentawai (Foto: Kornelia Septin Rahayu/Covesia)

Covesia. com - Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake melantik ketua dan wakil ketua  pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Mentawai yang pertama periode 2018-2023 di aula kantor Bupati Mentawai. 

"Pembentukan Baznas ini dilakukan untuk membantu para mustahik dan memberdayakan masyarakat yang benar-benar tidak mampu yang mungkin lepas dari pantauan Pemerintah sendiri," ujar Korta, selasa (21/05). 

Ia mengimbau pengurus Baznas yang baru dilantik ini agar membangun harmonisasi komunikasi sehingga ada transparansi dan kejujuran. 

"Kalau komunikasi tidak bagus, bisa saling mencurigai, rebut merebut, sikut menyikut, dan sebagainya," kata Korta. 

Hal tersebut dikatakannya karena banyaknya tantangan dalam berorganisasi menuju kesuksesan. 

"Uang bisa menjadi berkat jika kita jujur. Jika tidak, akan menjadi malapetaka. Banyak hal yang akan kita kerjakan agar bisa memfasilitasi para mustahik yang akan menerima zakat. Masih banyak yang akan kita latih dan support," papar Korta. 

Ia mencontohkan hal-hal terkecil seperti warga yang benar-benar tidak mampu namun belum memiliki BPJS, maka Baznas bisa menjadi alternatif untuk membantu. Tidak hanya di kabupaten tapi di seluruh kecamatan dan pelosok desa Mentawai. 

"Jangan sampai mencoreng nama organisasi keagamaan. Pengurus harus menjaga moralitas agama agar orang lain percaya, mau bersedekah, dan memberikan zakat, sangat perlu dijaga kredibilitasnya," imbau Korta. 

Saat bersamaan Kepala kantor Departemen Agama Mentawai Masdan mengatakan agar Pimpinan yang dilantik dipadukan dengan pelaksanaan atau persiapan ranperda baznas Kabupaten Kepulauan Mentawai agar semakin eksis ke depannya. 

"Kami berharap pengurus yang dilantik bekerja keras dan bertanggungjawab melakukan tugasnya," kata Masdan. 

Ia berharap organisasi Baznas ini segera terdaftar di Kesbangpol sehingga anggaran yang berhubungan dengan bantuan lembaga keagamaan dan masyarakat bisa diakomodir melalui bantuan yang diberi Bupati dan Kemenag. 

Di akhir acara pengukuhan pengurus Baznas tersebut Kemenag memberikan bantuan biaya operasional kepada Baznas Mentawai senilai Rp25 juta secara simbolis. 

Reporter Mentawai: Kornelia Septin Rahayu 

Berita Terkait

Baca Juga