Tidak Ada Jaringan Telkomunikasi, Pemkab Pessel Bakal Mendirikan Tower Pemancar di Kecamatan Sutera

Tidak Ada Jaringan Telkomunikasi Pemkab Pessel Bakal Mendirikan Tower Pemancar di Kecamatan Sutera Bupati Pessel Hendrajoni (Foto: Indrayen/Covesia)

Covesia.com - Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal membangun tower jaringan telkomunikasi di Kampung Ampalu, Kenagarian Gantiang Mudiek Surantih, Kecamatan Sutera, pada tahun 2019 ini.

Dimana, sampai saat ini, masyarakat di Kenagarian Gantiang Mudiak Surantih, Kecamatan Sutera, masih belum bisa menikmati akses jaringan telkomunikasi. 

Selain akses jaringan telkomunikasi beberpa infrastruktur lainnya, juga belum bisa di nikmati masyarakat di daerah tersebut. 

Seperti, akses jalan utama di Kenagarian tersebut masih sangat parah, dimana kondisi jalan di kenagarian itu selama ini, belum pernah di perbaiki.

Terkait kondisi itu, Bupati Pessel Hendrajoni mengatakan, pihaknya bakal mendirikan tower pemancar di Kenagarian tersebut, dan Bupati juga akan mengupayakan memperbaiki infrastruktur jalan demi kepentingan umum masyarakat.

"Untuk tahun ini, kita akan prioritaskan membangun tower pemancar komunikasi, aspal jalan dan juga lampu penerangan. Sebab, setiap kunjungan saya di Kenagarian ini, itu adalah permintaan utama masyarakat Gantiang Mudiak," ungkap Bupati pada Covesia.com, Rabu (22/5/2019)

Dijelaskannya Bupati, untuk pembangunan tower telekomunikasi pihaknya telah melakukan kerjasama dan kesepakatan dengan pihak Telkomsel, sedangkan untuk infrastruktur jalan tengah diupayakan ke Provinsi.

"Pendirian tower nantinya, ada tiga titik diantaranya di Ampalu, Kayu Aro, dan Kayu Gadan. Untuk tahun ini kita hanya mendapatkan 500 meter dari Provinsi, karna ini jalan provinsi jadi akan kita utamakan di Kenagarian ini," jelasnya

Ia menambahkan, selain dari jaringan telkomunikasi dan pengaspalan jalan, tahun ini juga akan di pasang lampu penerangan jalan.

"Lampu jalan segera kita pasang karna selain akses jalan yang cukup parah jalan yang dilalui juga gelap. Untuk itu saya sudah perintahkan Dinas Perhubungan menganggarkan di perubahan ini," ujar Buapti

Lanjutnya Bupati, ia berharap dengan terwujudnya tiga sarana prioritas ini, dapat meningkat kebutuhan dan pelayanan masyarakat.

"Saya melihat, pertumbuhan ekonomi disini sangat bagus tapi sarana prasarananya masih kurang memadai. Kenagarian ini termasuk penghasil gambir terbesar di Kecamatan Sutera. Untuk itu, tahun ini pembangunan tower, aspal jalan kita percepat, agar pertumbuhan ekonomi masyarakat sini semakin meningkat," tutupnya Bupati

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga