Mudik Nyaman, Jembatan Kabel Dharmasraya Dibuka 1-11 Juni

Mudik Nyaman Jembatan Kabel Dharmasraya Dibuka 111 Juni Jembatan kabel di Sungai Dareh, Dharmasraya

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan memfungsikan jembatan kabel di Sungai Dareh, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran 2019.

Jembatan Sungai Dareh termasuk salah satu titik yang ramai dan rawan kecelakaan lalu lintas karena di ke dua sisi jembatan terdapat simpang empat. Jembatan ini hanya dibuka selama sebelas hari, mulai dari tanggal 1 Juni sampai 11 Juni. 

Jembatan kabel merupakan salah satu dari beberapa tipe jembatan bentang panjang yang mengandalkan kabel sebagai penahan beban jembatan. Diperuntukkan bagi lintasan antar wilayah yang biasanya terpisah oleh sungai, lembah ataupun di atas tanah datar. 

Jembatan kabel merupakan salah satu teknologi yang sangat baik dalam membuat sebuah jembatan yang terbentang panjang. Jembatan kabel sudah banyak dipakai di berbagai lapisan negara salah satunya adalah Indonesia. 

"Untuk jembatan ini, kita lakukan pra-test, dengan tujuan melihat kemampuan struktur jembatan dengan rencana open traffic  selama masa arus lebaran yaitu H-5 dan H+5 sebelum diresmikan sepenuhnya," demikian disampaikan Kasatker Balai Jalan Nasional Kemeterian PUPR, Agung Setiawan, dalam keterangan persnya yang diterima covesia.com, Jumat 31 Mei 2019. 

Menurut Agung, dari hasil soft loading test ini akan didapatkan hasil yang memenuhi syarat secara teknis. Sehingga dengan mengacu hasil tes ini pada H-5 sampai H+5, sebatas ini sudah bisa open traffic dan bisa dilalui oleh masyarakat pengguna lalu lintas. Khusus untuk kendaraan-kendaraan over loading seperti truk-truk, muatan besar untuk sementara masih dalam batasan tertentu.

"Nanti setelah dilakukan test penuh, akan dilakukan open traffic secara menyeluruh", tutup Agung.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga