Data Sementara Kerugian Bencana Banjir di Padang Pariaman Capai Rp400 Juta

Data Sementara Kerugian Bencana Banjir di Padang Pariaman Capai Rp400 Juta Tim SAR Gabungan saat evakuasi warga yang terendam banjir di Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Selasa (11/06/2019) (Ist)

Covesia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mencatat kerugian materi akibat bencana banjir di daerah itu mencapai Rp400 Juta.

"Benar, tapi baru data sementara yang kami himpun dari personil TRC, Wali Nagari, dan Camat setempat hingga pukul 20.00 WIB malam, Selasa (11/6/2019). Data tersebut masih terus bergerak hingga selesai pendataan," terang Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya kepada Covesia.com, Selasa (11/06/2019) malam. 

Budi Mulya mengatakan data kerugian materi itu baru dihimpun dari dua Nagari di Kecamatan Sungai Limau.

"Pertama Banjir bandang Batang Paingan di Korong Pasar Paingan, Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tadi dengan taksiran kerugian sebesar Rp300 Juta," katanya.

Budi Mulya mengatakan jumlah taksiran kerugian itu karena banjir merendam 25 KK, Sawah lebih kurang 15 Hektare, dan Ternak Kambing lebih kurang 2 ekor. 

"Kedua, Banjir bandang mengenai Rumah dan lahan warga di Korong Pasa Baru Kampng Jua, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau yang terjadi sejak pukul 18.00 WIB tadi. Kerugian materi ditaksir mencapai Rp100 Juta," katanya.

Kerugian itu ditaksir berdasarkan akibat dari kejadian tersebut yang mengakibatkan terendamnya rumah warga sebanyak 6 unit, dan lahan Pertanian lebih kurang satu Hektare.

"Saat ini Tim SAR gabungan masih terus berupaya melakukan evakuasi area tersebut," tutupnya.

( eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga