272 CJH Bukittinggi Ikut Bimbingan Manasik Haji Gabungan

272 CJH Bukittinggi Ikut Bimbingan Manasik Haji Gabungan foto : Humas Pemko Bukittinggi

Covesia.com - Sebanyak 272 Calon Jemaah Haji (CJH) kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2019, 1440 hijriah mengikuti bimbingan manasik haji gabungan yang diselenggarakan di Masjid Mukhlisin Manggis, Rabu (19/6/2019).

Kepala Kantor Kementrian Agama kota Bukittinggi, Abrar Munanda menjelaskan untuk tahun 2019 ini, Bukittinggi akan memberangkatkan 272 Calon Jemaah Haji, dimana jumlah jemaah yang berangkat tahun ini turun sekitar 98 orang dari tahun sebelumnya, karena ada CJH yang menunda keberangkatan.

"272 CJH Bukittinggi tahun ini, diantaranya 73 CJH dari kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), 99 CJH dari kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dan 100 (CJH) dari kecamatan Guguak Panjang (GP) serta dua orang dari TPHD/TKHD," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan bahwa memang pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menambah kuota bagi Jemaah Haji Indonesia. Untuk Bukittinggi sendiri ada penambahan sebanyak 20 orang CJH lansia yang berangkat tahun ini.

"Pada manasik kali ini diharapkan agar seluruh calon jemaah haji untuk dapat mengikuti manasik sebaik-baiknya. Serta selalu jaga kekompakan dan kesehatan serta nama baik kota Bukittinggi," harapnya.

Menurut rencana, jemaah haji kota Bukittinggi ketika di Makkah nanti, akan ditempatkan di Raudhah 2 sektor 4, Maktab 15, dengan nomor hotel 402. Jaraknya sekitar 15 km dari Masjidil Haram, namun nantinya para jemaah akan difasilitasi dengan bus.

CJH Bukittinggi akan berangkat dari Bukittinggi menuju embarkasi Padang pada tanggal 17 Juli 2019. Dari embarkasi Padang akan berangkat menuju Madinah pada tanggal 18 Juli pukul 17.35 WIB, tergabung dalam klotrer 11 embarkasi Padang, bersama CJH Sawahlunto dan Padang.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga