Bubu, Alat Tangkap Ikan Tradisional Ramah Lingkungan

Bubu Alat Tangkap Ikan Tradisional Ramah Lingkungan Bubu, Alat Tangkap Ikan Tradisional Ramah Lingkungan

Covesia.com - Unit Pelaksana Teknis  Kementerian Kelautan Perikanan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan  kota Medan, menggelar kegiatan pelatihan pembuatan dan perawatan alat tangkap Bubu kepada nelayan di Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai. 

"Tujuan pelatihan ini selain meningkatkan keterampilan nelayan dalam membuat dan merawat alat tangkap bubu, juga dapat dikembangkan untuk menambah penghasilan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Boy Harefa, panitia pelaksana kegiatan pelatihan pembuatan dan perawatan alat tangkap bubu, Rabu (19/6/2019). 

Boy mengatakan bahwa kelebihan alat tangkap ini bahannya ramah lingkungan, mudah dibuat, dan perawatannya lebih efektif. 

"Harapannya bahan yang digunakan tidak merusak ekosistem laut dan alat tangkap yang berbahaya bagi ekosistem laut  tidak digunakan lagi," tutur Boy.

Alat tangkap Bubu ini Boy katakan dapat digunakan di tepi maupun tengah laut dengan kapal di perairan berkarang, berpasir, dan di sungai. 

Sementara itu Muhammad Ali peserta pelatihan mengatakan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. 

"Manfaatnya kita mendapatkan keringanan karena akan ada bantuan kapal dan dapat menambah penghasilan lebih besar lagi daripada memancing menggunakan alat biasa," kata Ali. 

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga