Dana Kelurahan Kota Pariaman Tahap I Segera Cair

Dana Kelurahan Kota Pariaman Tahap I Segera Cair BPKPD saat mengadakan rapat pembahasan dana kelurahan bersama Lurah dan Camat se Kota Pariaman di Ruang Rapat BPKPD Kota Pariaman. Foto: Humas

Covesia.com - Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman, Adrial didampingi Kepala Seksi Penyusun Anggaran BPKPD, Willy Firmadian mengungkapkan bahwa dana kelurahan akan segera cair.

“Dana kelurahan saat ini sudah masuk ke kas daerah dan sekarang kita sedang menunggu penyelesaian administrasi dari masing–masing kelurahan untuk pertanggung jawaban dana tersebut seperti surat keputusan (SK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)," ungkap Sekretaris BPKPD, Adrial dikutip Rabu (26/6/2019).

Sumber dana kelurahan ada dua, pertama dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Paling besar bersumber dari APBN.

"Memang ada dua sumber dana kelurahan namun yang terbesar berasal dari APBN dengan total keseluruhannya Rp 5.922.298.000, yang akan dibagi kepada 16 kelurahan se Kota Pariaman. Sementara dari APBD sendiri totalnya keseluruhan Rp 745.510.000," tambahnya.

Willy menambahkan, untuk anggaran dari APBN, masing–masing kelurahan akan mendapatkan Rp 370.138.000 dan APBD akan disesuaikan dengan kebutuhan kelurahan karena ada penambahan belanja modal sarana dan prasana. Diperkirakan setiap kelurahan akan mendapatkan Rp 417 juta.

"Berbeda dengan dana desa, dana kelurahan ini hanya bisa digunakan untuk pembangunan sarana prasarana kelurahan dan untuk pemberdayaan masyarakat kelurahan. Dana ini sudah bisa didistribusikan namun, menunggu penyelesaian administrasi dari masing–masing kelurahan," ungkapnya.

Pencairan dana kelurahan dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap awal dana kelurahan sudah dikirim ke kas daerah oleh pusat pada bulan Mei 2019 dan tahap kedua rencananya pada bulan Agustus 2019 ini.

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Pemerintah Sekretariat Daerah Kota Pariaman, Afwandi mengatakan dana kelurahan bisa dicairkan apabila semua administrasinya selesai.

"Pencairan dana kelurahan bisa dilakukan apabila semua administrasinya sudah selesai namun kita tetap mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan," ungkapnya.

Sementara, itu Lurah Karan Aur, Eri Gustian mengucapkan terima kasih kepada Pemko yang membantu tersalurnya dana kelurahan. 

"Kita tahu bahwa sudah ada dana kelurahan dan akan segera cair. Dengan adanya bantuan dana kelurahan dari pemerintah, tentunya sangat berimbas bagi percepatan pembangunan di seluruh kelurahan," ungkapnya.

Adrial berharap dengan adanya program ini, kelurahan yang ada di Kota Pariaman semakin baik dalam pelayanan maupun perkembangan kelurahan, sebagai ujung tombak pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat.

(adv/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga