7 Pelajaran Hidup Bill Gates yang Menginspirasi

7 Pelajaran Hidup Bill Gates yang Menginspirasi Bill Gates

Covesia.com - Mendengar nama Bill Gates maka pikiran anda akan langsung tertuju pada Microsoft. Ya, Gates merupakan pendiri Microsoft juga termasuk deretan orang terkaya di dunia setelah Jeff Bezos.

Gates dikenal sebagai pebisnis yang dermawan. Banyak hal positif yang bisa diambil dari milyader asal Amerika Serikat ini. Berikut Covesia.com rangkum dari berbagai sumber pelajaran yang bisa ditiru dari Bill Gates.

 1. Banyak membaca

Tak ayal lagi, orang pintar biasanya sangat lekat dengan buku. Bisa dikatakan mereka adalah kutu buku. Buku merupakan jendela ilmu, setiap lembarannya ada banyak pengetahuan baru setidaknya kosa kata baru yang sebelumnya belum kita temukan. 

Seorang yang terus menerus membaca buku akan memiliki ingatan yang tajam. Selain itu bisa membuat pembaca buku memiliki sikap empati. Intinya dengan membaca seseorang akan memiliki pengetahuan yang luas.

2. Bekerja keras sedini mungkin

Kalau kita keras terhadap diri kita, dunia akan lunak kepada kita, bila kita lemah terhadap diri kita, dunia akan keras kepada kita. Quotes dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono tersebut sesuai dengan pelajaran hidup dari Bill Gates.

Bekerja tak sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi juga untuk pendewasaan diri, serta untuk tujuan masa depan yang lebih baik. Seorang bill Gates berkata “ Aku cukup fanatik soal kerja. Aku bekerja di akhir pekan, aku tidak suka liburan.”

Dari perkataan Bill Gates tersebut jelas sekali bagi kita bahwa gates bukan tipe orang yang suka melalaikan pekerjaannya, bahkan waktu libur pun ia maksimalkan untuk bekerja. 

3. Jangan mengeluh, belajarlah dari kesalahan

 “Jika anda gagal, itu bukan kesalahan orang tua Anda, jadi jangan mengeluh tentang kesalahan anda, belajar dari kesalahan itu.” Hal ini diungkapkan oleh Gates, dimana kita jangan mengeluh atas kegagalan yang terjadi. Sebab keluhan tak akan ada gunanya, akan lebih baik mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut.

4. Berkomitmen 

Salah satu ciri orang sukses ialah memiliki komitmen. Niat yang besar tanpa adanya komitmen akan runtuh. Sebab komitmen lebih penting dari modal yang lain. Bila komitmen, maka akan tumbuh kepercayaan dan nkomitmen tersebut diiringi dengan ketekunan, keuletan, dan ketelatenan. Tak menyerah dengan rintangan yang terus menghadang.

5. Berinovasi

Microsoft mampu bertahan sampai saat ini tak lain karena kemampuan kreatifitas dan berinovasi seorang Gates. Ia menyadari setiap waktu kebutuhan manusia akan terus berubah.

Maka dari itu produk yang mereka miliki harus bisa menyesuai perubahan. Akan selalu ada inovasi-inovasi baru yang dihadirkan oleh orang yang kreatif, maka teruslah belajar untuk mengambil peluang dan berinovasi dari waktu ke waktu. 

6. Bangun link

Ini juga merupakan hal yang penting dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses. Sewajarnya, manusia tak bisa hidup sendiri. Adanya link akan membuat suatu pekerjaan lebih ringan dan mudah.

Bill Gates amat memahami betapa pentingnya link. Buktinya ia meraih kekayaan tak hanya dari microsoft tapi juga saham-saham yang ia tanam pada perusahaan seperti McDonald’s Corporation, Coca-cola, dan belasan perusahaan lainnya. Itu tak lain ia memang  selalu membangun link.

7. Pola pikir

Bagaimana sih pola pikir orang sukses dan kaya seperti Bill Gates? Gates selalu berpikir jangka panjang dan sederhana. Pilihan hidup Gates untuk keluar dari kampusnya mungkin membuat orang berpikir ia gila.

Namun, tidak ia melakukan itu karena melihat sesuatu yang jauh lebih menarik di masa depan. Ia tak suka menunda-nunda sesuatu yang menurutnya sangat potensial. Rasa takut untuk gagal adalah hal yang tak dimiliki oleh gates, sekali gagal ia terus berproses dan mengambil pelajaran dari hal itu.

Seperti yang dikatakan oleh Henry Ford “Ketika anda berpikir anda bisa, maka anda benar. Begitu pula saat anda berpikir anda tidak bisa, anda juga benar.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga